Bab 14 D. CIRI-CIRI PRANATA SOSIAL


BAB 14 D
CIRI-CIRI PRANATA SOSIAL



D.  Ciri-ciri Pranata Sosial
1 . memiliki lambang-lambang/simbol yang khas
 a. setiap pranata sosial memiliki lambang-lambang atau simbol-simbol dalam bentuk tulisan, gambar yang bermakna yang menggambarkan tujuan dan fungsi pranata bersangkutan.
 b. contoh : cincin pernikahan sebagai simbol pranata keluarga, burung garuda menjadi simbol pranata politik negara Indonesia.
 2. memiliki tata tertib dan tradisi
 a. pranata sosial memiliki aturan-aturan yang menjadi tata tertib serta tradisi-tradisi tertulis maupun tidak tertulis sebagai acuan dan pedoman anggota dalam masyarakat.
 b. contoh  : 
1)   dalam pranata keluarga seorang anak wajib bersikap hormat kepada orang tua, tetapi tidak diatur secara tertulis tertulis.
2)   dalam pranata pendidikan terdapat aturan tertulis yang wajib dipatuhi semua warga sekolah yang tertuang dalam tata tertib sekolah.
3. memiliki satu atau beberapa tujuan
 a. pranata sosial mempunyai tujuan yang disepakati bersama anggota masyarakat. Tujuan pranata sosial kadang tidak sejalan dengan fungsinya secara keseluruhan.
 b.  contoh :  pranata ekonomi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 4. memiliki nilai
 a. pranata sosial merupakan hasil pola-pola pemikiran dan pola-pola perilaku sekelompok orang atau anggota masyarakat, tentang sesuatu yang  baik dan yang seharusnya dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat.
 b. pranata sosial terdiri dari adat istiadat, tradisi atau kebiasaan serta unsur-unsur kebudayaan lain yang secara langsung maupun tidak langsung bergabung dalam suatu fungsi, sehingga pranata sosial mempunyai makna atau nilai dalam masyarakat tersebut.
 c. contoh : tradisi dan kebiasaan dalam pranata keluarga adalah sikap menghormati atau sikap sopan santun terhadap orang yang lebih tua.
 5. memiliki tingkat kekekalan tertentu
 a. pranata sosial umumnya memiliki umur lebih lama daripada umur manusia. Pranata sosial pada umumnya tidak mudah berganti atau berubah dan terbukti dengan banyaknya pranata sosial yang diwariskan dari generasi ke generasi.
 b. pranata sosial yang diterima akan melembaga pada setiap diri anggota masyarakat dalam jangka waktu relatif lama sehingga memiliki tingkat kekekalan tertentu.
 c. contoh : tradisi silaturahmi pada waktu hari raya lebaran merupakan tradisi turun temurun
     dari dulu hingga sekarang.
 6. memiliki alat kelengkapan untuk mencapai tujuan
 a. pranata sosial dan memiliki sarana dan prasarana yang digunakan untuk mencapai tujuan lembaga yang bersangkutan.
 b. contoh : mesin produksi pada sebuah pabrik merupakan sarana dalam pranata ekonomi untuk menghasilkan barang.


-----oOo-----

Tidak ada komentar: