UTS IPS 8 SMT.2 TH.1718

ULANGAN TENGAH SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018

Mata Pelajaran           :   Ilmu Pengetahuan Sosial  
Kelas                           :   VIII (Delapan)          
Hari, Tanggal              :   Jumat, 9 Maret 2018
Alokasi Waktu            :   07.30 - 08.30 (60 Menit)


PETUNJUK UMUM
1.        Tulislah nomor peserta tes anda pada lembar jawab yang telah tersedia.
2.        Perhatikan dan ikuti petunjuk dan cara mengerjakan soal.
3.        Periksa dan bacalah setiap soal dengan teliti sebelum anda menjawabnya.
4.        Jumlah soal sebanyak 30 butir, terdiri dari 25 soal Pilihan Ganda dan 5 soal Uraian.
5.        Laporkan kepada pengawas Ulangan Tengah Semester jika terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang.
6.        Periksalah pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada pengawas.
7.        Peserta Ulangan Tengah Semester tidak diperkenankan menggunakan kalkulator, kamus, HP, atau alat bantu lainnya.
8.        Usahakan HANYA SEKALI saja dalam memberikan jawaban untuk setiap soal, oleh karena itu pikir baik-baik sebelum anda menentukan jawaban.

PETUNJUK  KHUSUS
I. Pilihlah  jawaban yang tepat dengan cara memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawab yang tersedia!
1.        Pada tanggal 1 Maret 1945 diumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (Dokuritsu Junbi Cosakai) dengan tujuan ….
A.      merencanakan dan mengatur kemerdekaan Indonesia
B.       merancang susunan pimpian negara dan lembaga negara
C.       menyusun rencana pembentukan pemerintahan Indonesia merdeka
D.      untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang berkaitan dengan pembentukan negara Indonesia 

2.        Sidang BPUPKI  pertama yang diselenggarakan pada tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945 membahas tentang ….
A.      Piagam Jakarta
B.       teks Proklamasi
C.       rumusan dasar negara
D.      rumusan undang-undang dasar

3.        Peranan BPUPKI dalam usaha kemerdekaan Indonesia adalah ….
A.      menetapkan presiden dan wakil presiden
B.       menyusun rancangan dasar negara dan konstitusi
C.       menetapkan pembagian provinsi yang ada di Indonesia
D.      mengesahkan naskah proklamasi dan undang-undang dasar 

4.       Berikut ini hasil keputusan sidang PPKI ketiga yang diselenggarakan tanggal 22 Agustus 1945, kecuali ….
A.      mengesahkan UUD Republik Indonesia
B.       pembentukan Partai Nasional Indonesia
C.       pembentukan tentara kebangsaan
D.      pembentukan komite nasional

5.        Arti penting dan peranan PPKI bagi bangsa Indonesia adalah ....
A.      mempersiapkan pembentukan lambang negara
B.       mempersiapkan pembentukan pemerintahan
C.       menyusun konstitusi negara
D.      menyusun dasar negara

6.       Alasan penculikan Soekarno-Hatta oleh golongan muda dari Jakarta ke Rengasdengklok adalah ….
A.      Soekarno-Hatta dianggap sebagai mesin politik Jepang
B.       golongan muda menganggap Soekarno-Hatta telah mengkhianati perjuangan
C.       Soekarno-Hatta menolak untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
D.      Soekarno-Hatta menolak berunding dengan para pemuda dalam masalah proklamasi

7.        Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang autentik adalah dalam bentuk naskah ….
A.      ketikan yang belum ditandatangani
B.       asli tulisan tangan yang terdapat coretan
C.       ketikan yang ditandatangani oleh Soekarno-Hatta
D.      tulisan tangan yang ditandatangani oleh Soekarno-Hatta

8.       Surat kabar yang pertama kali menyebarluaskan berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah ….
A.      Tjahaya
B.       Soeara Asia
C.       Sinar Djawa
D.      Bintang Timoer

9.       Alasan yang mendasari tindakan Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang menyatakan bahwa KesultananYogyakarta merupakan bagian dari Republik Indonesia adalah ….
A.      Yogyakarta berada di wilayah Indonesia
B.       Yogyakarta tidak dapat hidup tanpa dukungan Indonesia
C.       agar tidak terjadi invasi militer dari Indonesia ke wilayah Yogyakarta
D.      Yogyakarta mengakui dan mendukung berdirinya Republik Indonesia

10.        Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)        untuk memperoleh senjata sebagai modal perjuangan selanjutnya
2)        mencegah agar senjata tidak jatuh atau dikuasai Sekutu atau Belanda
3)        mencegah agar senjata tidak digunakan Jepang untuk membunuh rakyat Indonesia
4)        dapat mengusir Jepang dari Indonesia dengan segera
Tujuan rakyat dan para pemuda melakukan tindakan cepat merebut senjata dari tangan Jepang setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ditunjukkan pada nomor ….
A.      1, 2, dan 3
B.       1, 2, dan 4
C.       1, 3, dan 4
D.      2, 3, dan 4
  
11.          Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)        memalingkan muka
2)        menyapa orang
3)        bercakap-cakap
4)        melambaikan tangan
5)        menundukkan kepala
Kegiatan yang merupakan aktivitas hubungan sosial ditunjukkan pada nomor ….
A.      1, 2, dan 3
B.       1, 3, dan 4
C.       2, 3, dan 4
D.      3, 4, dan 5

12.        Pada suatu masyarakat para anggotanya merasa saling tergantung, bekerjasama, dan berkoordinasi dengan pola tertentu.
Hubungan tersebut dapat mengarah pada proses sosial secara ….
A.      akomodasi
B.       kooperasi
C.       disosiatif
D.      asosiatif

13.         Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)        keinginan berjuang secara individu maupun kelompok
2)        keinginan melakukan komunikasi dengan sesama
3)        keinginan mewujudkan hari esok yang lebih baik
4)        kondisi geografis yang mendukung
Faktor internal  yang mendorong seseorang melakukan hubungan sosial ditunjukkan pada nomor ….
A.      1, 2, dan 3
B.       1, 2, dan 4
C.       1, 3, dan 4
D.      2, 3, dan 4

14.         Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)        persatuan dalam kelompok menjadi goyah
2)        harta benda menjadi hancur dan jatuh korban manusia
3)        rasa solidaritas dalam kelompok menjadi bertambah kuat
4)        terjadi akomodasi, dominasi, dan salah satu pihak menjadi takluk
5)        kepribadian individu-individu yang terlibat pertentangan menjadi berubah
Pernyataan tersebut merupakan akibat dari ….
A.      konflik
B.       kompetisi
C.       persaingan
D.      kontravensi 

15.        Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)        sikap toleransi antaranggota masyarakat berkembang
2)        muncul rasa aman dan terlindungi dari berbagai ancaman
3)        muncul sifat fanatisme pribadi atau golongan yang berlebihan
4)        mewujudkan masyarakat yang selaras dan harmonis
Dampak positif atau keuntungan hubungan sosial ditunjukkan pada nomor ….
A.      1, 2, dan 3
B.       1, 2, dan 4
C.       1, 3, dan 4
D.      2, 3, dan 4 

16.          Keluarga memegang peran penting agar anak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan tidak melanggar peraturan dalam masyarakat.
Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa keluarga harus menjalankan fungsi ….
A.      penentuan status
B.       sosialisasi
C.       proteksi
D.      afeksi

17.        Fungsi pranata sosial yang nyata, disadari, diakui, dan menjadi bagian harapan masyarakat dinamakan fungsi ….
A.      laten
B.       sosial
C.       afeksi
D.      manifes

18.        Berikut ini fungsi pranata sosial sebagai pengatur berbagai bentuk aktivitas manusia agar terwujud suasana kehidupan harmonis, kecuali ….
A.      sebagai kontrol sosial
B.       menjaga keutuhan masyarakat
C.       sebagai alat kelengkapan untuk mencapai tujuan
D.      memberikan pedoman pada anggota masyarakat

19.        Pranata pendidikan dapat membentuk generasi muda patuh terhadap hukum karena ….
A.      berperan mensosialisasikan peraturan yang berlaku
B.       mampu memaksa generasi muda takut pada peraturan
C.       salah satu peran sekolah adalah melestarikan budaya daerah
D.      sekolah mampu memberikan bekal ketrampilan demi masa depan generasi muda

20.        Ketika seseorang melakukan tindak kejahatan, maka polisi segera menangkap dan memproses sesuai hukum yang berlaku.
Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa polisi sebagai alat kelengkapan pranata hukum memiliki fungsi ….
A.      melindungi masyarakat
B.       menegakkan hukum yang ada
C.       mendorong perilaku taat hukum
D.      memajukan kesejahteraan bersama

21.       Pengendalian sosial pada dasarnya mempunyai tujuan untuk ….
A.      membatasi perilaku anggota masyarakat
B.       menciptakan masyarakat yang tidak teratur
C.       menghukum setiap perilaku yang menyimpang
D.      agar terwujud keserasian dan ketenteraman dalam mayarakat

22.        Pelaku kerusuhan akhirnya dijatuhi hukuman penjara oleh hakim setelah melalui proses persidangan yang cukup lama.
Tindakan hukum tersebut merupakan bentuk pengendalian sosial secara ….
A.      koersif
B.       represif
C.       persuasif
D.      partisipatif

23.        Seorang ibu menegur anaknya ketika ketahuan mengambil uang di rumah tanpa izin.
Tindakan yang dilakukan seorang ibu tesebut memiliki tujuan agar ….
A.      anaknya tidak merasa malu ketika ditegur di muka umum
B.       perilaku menyimpang anaknya tidak berlanjut menjadi perbuatan kriminal
C.       perilaku anak tidak dilakukan lagi di sekolah atau tempat-tempat umum lainnya
D.      anak menyadari bahwa perbuatan yang dilakukan dapat menjatuhkan martabat orang tuanya

24.        Penanaman nilai persatuan, kesetiakawanan sosial, dan kemandirian merupakan upaya untuk melakukan pengendalian sosial yang dilakukan oleh lembaga ….
A.      adat
B.       politik
C.       keagamaan
D.      pendidikan

25.       Tokoh masyarakat dapat berperan dalam melakukan pengendalian sosial dengan cara ….
A.      memenjarakan seseorang yang tidak disukainya
B.       memberi nasehat dan anjuran kepada masyarakat
C.       menangkap anggota masyarakat yang menyimpang
D.      menyelidiki penyimpangan setelah diberitahu tetangga

II.   Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.        Sebutkan 2 tugas pokok dibentuknya PPKI!
2.        Mengapa penyebarluasan berita proklamasi kemerdekaan mengalami keterlambatan di berbagai daerah terutama di luar Jawa?
3.       Sebutkan 3 dampak negatif atau kerugian hubungan sosial!
4.       Sebutkan 3 fungsi pranata pendidikan!
5.       Pengendalian sosial :
a.         Mengapa teguran dapat menjadi alat pengendalian sosial?
b.         Berikanlah contoh pengendalian sosial!



----------  selamat mengerjakan  ----------

Tidak ada komentar: