Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / 2 (Dua)
Ulangan Harian : Ke 2
Nama Lengkap :
.........................................
Kelas / No. Absen : VIII ..............
/ ..................
I. Pilihlah jawaban yang benar dengan memberikan tanda silang
(X) pada huruf
A, B, C, D pada lembar jawaban yang tersedia!
1.
Hubungan timbal balik antar individu yang saling
memengaruhi dan berdasarkan kesadaran untuk saling
menolong dan saling memengaruhi dua orang atau lebih dinamakan ….
A.
komunikasi sosial
B.
hubungan sosial
C.
kontak sosial
D.
proses sosial
2.
Hubungan timbal balik atau hubungan dua arah antara dua orang
yang mengalami salah pahan sehingga terjadi komunikasi yang menghasilkan bentuk
pertentangan, permusuhan, atau perkelahian
dinamakan ….
A. kontak primer
B.
kontak
sekunder
C.
komunikasi positif
D.
komunikasi negatif
3.
Berikut ini ciri-ciri hubungan sosial, kecuali …
A. mempunyai tujuan-tujuan tertentu
B. bersifat
timbal balik, negatif, dan berkesinambungan
C. ada
kontak sosial yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dan ada reaksi dari
pihak lain
D. ada
komunikasi antarpelaku dengan simbol-simbol berupa bahasa lisan maupun bahasa
isyarat
4. Seorang
juru kampanye partai politik tertentu berpidato di depan orang banyak sehingga
orang-orang tersebut tertarik dan terpengaruh isi
pidatonya.
Hal
ini merupakan contoh interaksi hubungan sosial yang dilakukan oleh ….
A.
kelompok dengan kelompok
B.
pejabat
dengan masyarakat
C.
individu dengan kelompok
D.
individu dengan individu
5. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)
keinginan mempertahankan hidup terutama menghadapi
serangan dari luar
2)
keinginan berjuang secara individu
maupun kelompok
3)
keinginan melakukan komunikasi dengan
sesama
4)
keinginan mewujudkan hari ini
yang lebih baik
Faktor pendorong terjadinya hubungan sosial ditunjukkan pada nomor ….
A.
1,
2, dan 3
B.
1,
2, dan 4
C.
1,
3, dan 4
D. 2, 3, dan 4
6. Faktor eksternal terjadinya hubungan sosial
berupa sikap tertarik kepada
orang lain karena sesuatu hal, seperti penampilan, kebijaksanaan, maupun pola pikirnya dinamakan …
A.
motivasi
B.
sugesti
C.
simpati
D. empati
7. Berikut
ini faktor penghambat
terjadinya hubungan sosial, kecuali
….
A.
adanya perbedaan
pendapat yang dapat diselesaikan
B.
keadaan alam atau
kondisi geografis yang tidak mendukung
C. adanya perbedaan paham yang dilandasi sifat fanatisme
berlebihan
D. terjadi bencana alam berupa banjir, gempa bumi, tanah
longsor, kekeringan, dan badai
8. Proses
individu
atau kelompok manusia
yang semula
saling bertentangan dapat saling
menyesuaikan diri mengatasi kekurangan-kekurangan dinamakan ….
A.
asimilasi C. kompetisi
B.
cooperation D. akomodasi
9. Berikut
ini merupakan faktor-faktor yang menimbulkan kerjasama, kecuali ….
A.
ada
ancaman atau rintangan dari luar
B.
untuk
mencari keuntungan kelompok
C. ada orientasi perseorangan
D.
untuk
menolong orang lain
10.
Gedung sekolah dekat
pusat perbelanjaan sangat tidak mendukung kegiatan belajar
mengajar, maka muncul
kebijaksanaan sekolah untuk pindah ke luar kota yang
jauh dari kebisingan dan cocok untuk belajar. Areal berdirinya gedung sekolah yang lama akan
dibangun mall, sehingga terjadi pertukaran lahan
antara pengusaha mall dengan pemerintah. Pengusaha
memperoleh tempat usaha yang strategis dan pemerintah memperoleh tempat yang sesuai untuk belajar.
Pernyataan tersebut merupakan
contoh dari ….
A. cooperation
B.
join venture
C. bargaining
D. coalition
11. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)
kebudayaan dari masing-masing kelompok berubah
dan saling menyesuaikan
diri
2)
ada
kelompok-kelompok
manusia yang berbeda kebudayaan
3)
individu sebagai kelompok
saling bergaul dalam waktu lama
4)
sikap terbuka dari orang yang berkuasa dalam
masyarakat
Syarat-syarat
timbulnya asimilasi ditunjukkan pada
nomor ….
A.
1, 2, dan 3
B.
1, 2, dan 4
C.
1, 3, dan 4
D.
2, 3, dan 4
12. Berikut
ini akibat pertentangan atau
konflik, kecuali
….
A. persatuan dalam kelompok menjadi goyah
B. harta benda menjadi hancur dan jatuh korban manusia
C. rasa solidaritas dalam kelompok menjadi bertambah lemah
D. kepribadian individu-individu yang terlibat pertentangan
menjadi berubah
13. Pertandingan
sepak bola, bola voli, dan basket merupakan contoh dari proses dissosiatif dalam bentuk ….
A.
pertentangan C. persaingan
B. kontravensi D. konflik
14.
Menghasut, desas-desus, dan mengecewakan pihak lain merupakan
contoh dari bentuk kontravensi ….
A.
intensif C. umum
B.
rahasia D. taktis
15.
Berikut ini dampak negatif atau kerugian hubungan sosial, kecuali ….
A.
ada pengaruh
paham individualisme yang mengurangi sikap toleransi sesama anggota masyarakat
B. perbedaan pendapat menimbulkan kerjasama antaranggota masyarakat
C.
muncul sifat
fanatisme pribadi atau golongan yang berlebihan
D. terjadi persaingan tidak sehat antaranggota masyarakat
16. Suatu sistem norma atau aturan untuk mengatur hubungan
antar manusia dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai masyarakat
dinamakan ….
A.
hubungan
sosial C. sanksi sosial
B.
aturan
sosial D. pranata sosial
17. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) sebagai kontrol sosial
2)
menjaga
keutuhan masyarakat
3) meningkatkan kesejahteraan masyarakat
4)
memberikan
pedoman pada anggota masyarakat
Fungsi pranata sosial sebagai pengatur berbagai bentuk aktivitas manusia ditunjukkan pada nomor ….
A.
1, 2, dan 3
B.
1, 2, dan 4
C.
1, 3, dan 4
D.
2, 3, dan 4
18.
Seni suara, seni
rupa, seni gerak, seni lukis, dan seni sastra merupakan tujuan
pranata sosial untuk memenuhi kebutuhan ....
A.
sosial dan kekerabatan
B. pengetahuan
dan pendidikan manusia
C. manusia
untuk menyatakan rasa
keindahan dan rekreasi
D. untuk mengatur kehidupan berkelompok atau bernegara
19. Pranata sosial yang sangat penting untuk memelihara
dan mempertahankan tata tertib dalam masyarakat berupa keluarga, sekolah, dan negara dinamakan ....
A.
basic Institutions
B.
regulative institutions
C. subsidiary institutions
D. cooperative institutions
20. Bagian pranata sosial meliputi lingkungan keluarga dan kerabat
yang membentuk watak dan perilaku seseorang dalam keluarga yang dialami dan
diterapkan sejak kecil dinamakan ….
A. pranata pendidikan
B. pranata ekonomi
C. pranata agama
D. pranata keluarga
21. Tempat
mencurahkan kasih sayang dan rasa cinta antar anggota keluarga, sehingga dapat menjaga perasaan
masing-masing anggota keluarga agar tercipta kerukunan dan keharmonisan
hubungan didalam keluarga .
Hal
ini merupakan pranata keluarga dalam fungsi ….
A.
afeksi C. keagamaan
B.
sosialisasi D. penentuan status
22. Agama
mendorong manusia melakukan perubahan yang lebih baik, karena memberikan
bimbingan kepada manusia agar kehidupannya Iebih terarah dan berimbang merupakan pranata
agama dalam fungsi ….
A. ritual
B. sosial
C. hukum
D. transformatif
23.
Berikut
ini peranan atau fungsi pranata
ekonomi, kecuali ….
A.
mengatur produksi barang dan jasa
B.
mengatur aktualisasi barang dan jasa
C.
mengatur distribusi barang dan jasa
D.
mengatur konsumsi barang dan jasa
24. Aturan pemerintah dalam memanfaatkan sumber daya alam di Indonesia untuk melindungi produk lokal dari persaingan produk luar negeri (impor) berupa ....
A.
monopoli pemerintah
B.
monopoli swasta
C.
proteksi
D.
kuota
25. Proses perubahan sikap dan tata laku
seseorang atau kelompok orang untuk mendewasakan manusia melalui pengajaran
atau pelatihan dinamakan ...
A.
pranata pendidikan C. pranata ekonomi
B.
pranata keluarga D. pranata agama
26. Nama, jenis kelamin, hak
waris, tempat dan tanggal lahir, mewariskan
gelar kebangsawanan.
Hal in merupakan contoh
fungsi pranata keluarga dalam fungsi ....
A.
afeksi C. perlindungan
B. reproduksi D. penentuan status
27. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)
memberikan persiapan dalam berbagai
peran pekerjaan
2) mempersiapkan peranan sosial yang dikehendaki individu
3) sebagai wahana dan
media pengendalian sosial bagi warga masayarakat
4)
sebagai pranata pemindahan warisan
kebudayaan kepada warga masyarakat
5)
memperkuat penyesuaian,
mengembangkan diri dan pengembangan hubungan sosial
Pernyataan tersebut merupakan fungsi dari ....
A.
pranata agama C. pranata keluarga
B.
pranata ekonomi D. pranata pendidikan
28.
Serangkaian peraturan secara tertulis ataupun tidak tertulis yang berfungsi
mengatur semua aktivitas politik dalam masyarakat atau negara dinamakan ....
A.
pranata agama C. pranata keluarga
B.
pranata politik D. pranata pendidikan
29.
Berikut ini cirri-ciri pranata politik,
kecuali ….
A.
pemerintah
mempunyai kewenangan pada wilayah tertentu
B. pemerintah melaksanakan fungsi-fungsinya untuk kepentingan bersama
C.
pemerintah tidak kewenangan
melakukan memonopoli penggunaan paksaan atau siksa
D.
memiliki komunitas manusia yang
hidup bersama berdasarkan nilai-nilai yang disepakati bersama
30. Kedudukan Pranata
politik paling tinggi yang berlaku di Indonesia dalam mengatur penyelenggaraan
pemerintahan negara adalah ….
A. Pancasila
C. Keputusan Presiden
B. UUD 1945 D. Peraturan Pemerintah
31.
Segala cara dan proses yang terencana maupun tak terencana yang
bersifat mendidik, mengajak, dan memaksa individu, kelompok, ataupun masyarakat
berperilaku selaras/sesuai norma-norma dan nilai-nilai yang
berlaku dalam masyarakat dinamakan ….
A.
proses
sosial C. komunikasi sosial
B.
hubungan
sosial D. pengendalian sosial
32. Perhatikan
pernyataan berikut ini!
1)
sebagai
cara, metode atau teknik tertentu
untuk mengatasi atau
mencegah terjadi penyimpangan sosial
2)
mewujudkan
keselarasan antara
stabilitas dengan perubahan yang terus terjadi dalam
masyarakat
3)
dapat
dilakukan oleh kelompok terhadap kelompok lain atau suatu kelompok terhadap
individu
4)
dilakukan
secara searah meskipun tidak
disadari oleh kedua belah pihak
Ciri-ciri pengendalian sosial ditunjukkan pada nomor ….
A.
1, 2, dan 3
B.
1, 2, dan 4
C.
1, 3, dan 4
D.
2, 3, dan 4
33.
Berikut ini adalah tujuan pengendalian sosial, kecuali ….
A.
agar terwujud keserasian dan ketenteraman
dalam mayarakat
B.
agar pelaku penyimpangan dapat kembali mematuhi
norma-norma yang berlaku
C.
agar masyarakat sulit mematuhi norma-norma
sosial yang berlaku
dengan kesadaran sendiri maupun paksaan
D.
agar
nilai-nilai dan norma-norma sosial dapat dijalankan masyarakat sehingga
tercipta suasana aman, nyaman, tertib, dan damai.
34. Guru
memberi hukuman kepada siswa yang terlambat dan tidak
tertib di sekolah, dengan tujuan agar tindakan
penyimpangan siswa tidak berulang lagi.
Berdasarkan waktu pelaksanaannya
merupakan contoh tindakan pengendalian sosial
secara ….
A.
kuratif C. kompulsi
B. represif D. preventif
35. Contoh pengendalian sosial berdasarkan
jumlah yang terlihat berupa pengawasan
dari individu terhadap kelompok yaitu ….
A.
seorang pelatih sepak bola mengarahkan tim sepak bolanya
B. warga
masyarakat mengucilkan seorang warganya yang melanggar
norma
C. seorang
ayah menasihati anaknya, seorang siswa menegur temannya yang telah berbuat salah
D. sekelompok
mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) sedang
memberikan penyuluhan pada masyarakat
36. Ajakan atau penyuluhan kepada masyarakat
untuk tidak melakukan hal-hal yang menyimpang,
guru BK
menasehati dan menghimbau
siswa tidak merokok.
Berdasarkan perlakuannya merupakan contoh pengendalian
sosial
berupa tindakan ….
A. pribadi C. persuasif
B. koersif D. institusional
37. Pemerintah kabupaten
mencanangkan wajib
jam belajar dari jam 18.00 - 21.00 bagi setiap penduduk, tujuannya
mengarahkan agar warga memiliki
kebiasaan yang baik berupa dapat memanfaatkan waktu luang sebelum tidur untuk
belajar.
Berdasarkan tujuannya merupakan contoh pengendalian sosial yang bertujuan secara ….
A. kreatif C. konstruktif
B. regulatif D. eksploratif
38. Contoh pengendalian sosial berdasarkan
jumlah yang terlihat berupa pengawasan
dari individu terhadap kelompok yaitu ….
A. sekelompok
mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) sedang
memberikan penyuluhan pada masyarakat
B. warga
masyarakat mengucilkan seorang warganya yang melanggar
norma
C. seorang siswa
menegur temannya yang telah berbuat salah
D. seorang
pelatih sepak bola mengarahkan tim sepak bolanya
39. Gosip atau desas-desus merupakan bentuk
pengendalian sosial yang cukup efektif karena ….
A. banyak
orang mengurungkan niat melakukan sesuatu karena takut digosipkan
B. meminta bantuan pihak
lain yang dianggap
dapat mengatasi masalah
C. hal
yang lazim dilakukan untuk mengatasi penyimpangan sosial
D. disertai tekanan, ancaman, dan
menakut-nakuti
40. Lembaga yang menangani,
menyelesaikan, mengadili, dan memberikan
sanksi tegas terhadap perselisihan/tindakan yang
melanggar aturan dan undang-undang yang berlaku adalah ….
A.
kepolisian C. tokoh masyarakat
B. pengadilan D. adat (sistem nilai budaya)
II. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan tepat!
1.
Sebutkan 4 tujuan seseorang melakukan hubungan sosial!
2.
Sebutkan 2 faktor yang menimbulkan terjadi kerjasama!
3.
Mengapa pranata agama mempunyai fungsi hukum?
4.
Sebutkan 2 fungsi pengendalian sosial!
5.
Sebutkan 4 bentuk pengendalian
sosial dalam masyarakat!
----- oOo -----
Tidak ada komentar:
Posting Komentar