Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Tahun Pelajaran : 2014 / 2015
Standar
Kompetensi : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi.
Kompetensi
Dasar : 5.1.
Menginterpretasikan peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi
Penyusun : AMIR ALAMSYAH, S.Pd.
BAB 9
PETA TENTANG POLA DAN BENTUK MUKA BUMI
Kerjakan soal berikut ini secara singkat, jelas, dan benar!
1. Apakah yang kalian ketahui tentang peta umum dan peta khusus?
2.
Apakah pengertian kenampakan alamiah dan
kenampakan buatan manusia di muka bumi serta contohnya masing-masing!
3.
Jelaskan 6 kenampakan atau bentuk alamiah di
muka bumi serta simbolnya masing-masing!
4.
Jelaskan 3 kenampakan buatan manusia di muka
bumi serta simbolnya masing-masing!
5. Warna dalam peta umum dan warna dalam peta tematik digunakan
untuk membedakan apa?
6.
Apakah pengertian kontur dan sebutkan 4
prinsipnya?
7.
Apakah buktinya bahwa bentuk muka bumi itu
tidak rata?
8.
Apakah pengertian relief dan bagaimanakah
cara untuk mengetahuinya?
9.
Bagaimanakah penampang melintang bagian
tengah Benua Australia di sepanjang garis barat laut sampai tenggara?
10. Jelaskan 7 bentuk relief di dasar laut!
11.
Berdasarkan Peta Provinsi Papua Barat,
sebutkan 3 perairan yang memiliki kedalaman lebih dari 3.000 meter ( > 3.000
m )!
12.
Berdasarkan Peta Provinsi Kalimantan Utara,
sebutkan 6 kota yang memiliki ketinggian tanah
< 100 m!
13.
Berdasarkan
Peta Pulau Sulawesi, sebutkan 4 gunung yang memiliki ketinggian > 3.000 m
dpl!
14.
Sebutkan
5 pulau besar di Provinsi Kepulauan Riau!
15.
Jelaskan 4 kelompok iklim berdasarkan letak lintangnya!
16.
Sebutkan
4 kelompok kegiatan manusia yang bertempat tinggal di daearh pesisir atau
pantai!
17.
Sebutkan
5 kegiatan manusia yang bertempat tinggal di daerah dataran rendah!
18.
Sebutkan
3 kegiatan manusia yang bertempat tinggal di daerah dataran tinggi!
19.
Jelaskan
3 daerah kehidupan flora berdasarkan
ketinggian tempatnya!
20. Sebutkan 5 faktor yang mempengaruhi proses
pembentukan tanah di permukaan bumi!
---------- selamat mengerjakan
----------
Education Unit : SMP Negeri 1 Bandungan Kabupaten
Semarang
Subjects : Social
Sciences
Class / Semester :
IX (Nine) / 1 (A)
Academic Year :
2014/2015
Competency Standard : 5. Understanding the human relationship with the earth
Basic Competence : 5.1. Interpret maps of patterns and forms of the earth
Authors :
AMIR ALAMSYAH, S. Pd.
Chapter
9
MAP
OF PATTERN AND FORM EARTH
Do
the following brief, clear, and true!
1. What
do you know about the general maps and custom maps?
2. Is the sense of natural and
artificial appearance of man on earth as well as examples of each!
3. 6 Describe the appearance or natural shape of the earth as
well as the symbol of each!
4. Describe three man-made appearance
on earth as well as the symbol of each!
5. Colors
in general maps and thematic maps use color to distinguish what?
6. Is the sense contours and mentioned four principles?
7. What evidence is there that the shape of the earth was not
flat?
8. Is the sense of relief and how to
find out?
9. How is the cross section in the central part of the
Australian continent along the northwest to southeast?
10. Explain
the seven forms of relief in the bottom of the sea!
11. Based Map of West Papua province,
mentioned three waters deeper than 3,000 feet (> 3,000 m)!
12. Based on the map of North Kalimantan
province, mentioned six cities that have a height of land
<100
m!
13. Based Map of
Sulawesi Island, mentioned four mountain with an elevation> 3000 m above sea
level!
14. Name the 5
major islands in the Riau Islands province!
15.
Tell 4 groups based
on the location of latitude climate!
16. Name the four
groups of human activities daearh residing in coastal or beach!
17. Mention 5 human
activities that reside in low-lying areas!
18. Mention three
human activities that reside in the highlands!
19. Tell 3 areas where plant life based on the height!
20. Name the 5 factors that affect the process
of soil formation on the surface of the earth!
---------- working safely ----------
Образование за штуку : SMP Negeri 1 Bandungan Kabupaten
Semarang
Тематика : Общественные
науки
Класс / семестр : IX
(девять) / 1
(А)
Академический год : 2014/2015
Компетентность Стандартный :
5. Понимание человеческого отношения с земли.
Основные компетенции : 5.1. Интерпретировать карты узоров и форм земли
Авторы : AMIR ALAMSYAH, S. Pd.
Глава
9
MAP
рисунка и формы ЗЕМЛИ
Выполните
следующие действия краткий, ясный, и правда!
1. Что
вы знаете об общих карт и пользовательских карт?
2. Является ли чувство естественного и
искусственного появления человека на земле, а в качестве примеров каждый!
3. 6 Опишите внешний вид или
естественную форму Земли, а также символ каждого!
4. Опишите три рукотворный появление на земле, а также символ
каждого!
5. Цвета
в общих карт и тематических карт использовать цвет, чтобы отличать, что?
6. Смысл контуры и упоминается четыре
принципа?
7. Какие есть доказательства того, что
форма Земли не была плоской?
8. Является ли чувство облегчения и как
узнать?
9. Как это сечение в центральной части австралийского
континента вдоль северо-запада на юго-восток?
10. Объясните
семь формы рельефа на дне моря!
11. На основании Карта провинции
Западная Папуа, упомянул три вод глубже, чем 3000 футов (> 3000 м)!
12. Основываясь на карте провинции
Северный Калимантан, упоминается шесть городов, которые имеют высоту земли <100 M!
13. На основании
Карта острова Сулавеси, упоминается четыре гору с места> 3000 м над уровнем
моря!
14. Назовите 5
основных островов в провинции Риау островах!
15.
Сказать 4 группы на
основе расположения широты климата!
16. Назовите четыре
группы деятельности человека daearh проживающих в прибрежных или пляже!
17. Упоминание 5
человеческой деятельности, которые находятся в низменных районах!
18. Упоминание три
человека деятельности, которые находятся в горной местности!
19. Сказать 3 области, где жизнь растений, основанные на высоте!
20. Назовите 5 факторов, которые влияют на
процесс формирования почвы на поверхности земли!
---------- работать безопасно ----------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar