ULANGAN TENGAH SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas : IX (Sembilan)
Hari
/ Tanggal : Jumat, 23 September 2016
Waktu
: 07.30 – 09.00
PETUNJUK UMUM
1.
Tulislah
nomor tes Anda pada lembar jawab yang telah tersedia.
2.
Bacalah dengan
teliti petunjuk dan cara mengerjakan soal.
3.
Jumlah soal 25 butir
soal, terdiri atas 20 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.
4.
Laporkan kepada
pengawas jika terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal
kurang.
5.
Periksalah
pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.
6.
Tidak diijinkan
menggunakan kalkulator, kamus, HP, atau alat bantu lainnya.
7.
Usahakan
HANYA SEKALI saja dalam memberikan
jawaban untuk setiap soal, oleh karena itu pikirkanlah baik-baik sebelum
menentukan jawaban.
PETUNJUK
KHUSUS
I. Berilah
tanda silang ( X ) pada huruf A, B, C, atau D sesuai dengan pilihan anda pada
lembar jawab yang tersedia!
1.
Berikut ini yang
merupakan ciri negara berkembang yaitu ….
A. sumber daya alam belum dimanfaatkan secara
optimal
B. komoditas ekspornya hasil industri dan jasa
C. tingkat pendapatan penduduk relatif tinggi
D. penyediaan fasilitas umum tercukupi
2. Perhatikan
pernyataan berikut ini!
1)
Sektor ekonomi mengalami pertumbuhan terus menerus
2)
Penggunaan teknologi modern pada masyarakat semakin luas
3)
Negara belum mampu
menginvestasikan pendapatan nasionalnya
4)
Industri modern semakin berkembang terutama industri padat modal
Ciri-ciri negara pada tahap Gerak
Menuju Kematangan (Drive for Maturity
Stage) ditunjukkan pada nomor ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D.
2, 3,
dan 4
3. Berikut ini yang merupakan negara maju di
kawasan Asia Tenggara adalah ….
A. Malaysia
B. Indonesia
C. Singapura
D. Brunai
Darussalam
4. Negara Meksiko,
Guatemala, Honduras, El Salvador, Panama, Belize, Kosta Rika adalah negara
berkembang yang terletak di kawasan ....
A. Kepulauan
Karibia
B. Amerika Selatan
C. Amerika Utara
D. Amerika Tengah
5. Sebab khusus Perang Dunia II
bagi Amerika Serikat adalah ....
A. Rusia menduduki Polandia Timur, Esthonia, Latvia, dan Lithuania
B.
Jepang menyerbu pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat
di Perl Harbour
C.
penyerbuan Jepang ke
wilayah China setelah terjadinya insiden “Jembatan
Marcopolo”
D.
terjadi perebutan
kota Danzig antara Jerman dengan Polandia akibat perjanjian Versailes
6. Perhatikan
pernyataan berikut ini!
1)
Negara-negara Blok Sentral secara potensi tidak
memiliki sumber-sumber alam yang penting untuk peperangan
2)
Jumlah negara Sekutu dan daerah-daerah jajahan
memiliki bahan-bahan strategi terpadu kuat
3)
Masuknya Rusia ke dalam Blok Sentral
4)
Teknologi pihak Sekutu sangat maju
Sebab-sebab kekalahan Negara
Blok Sentral dalam Perang
Dunia II ditunjukkan pada nomor ....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 4
7. Latar belakang pendudukan Jepang di Indonesia adalah semangat “Hakko I chiu” yang menginginkan ….
A. Benua Asia sebagai satu kesatuan
wilayah dibawah pimpinan Jepang
B. Indonesia menjadi kubu pertahanan saat berperang melawan Sekutu
C. rakyat dianjurkan memproduksi pangan dengan
membuka areal baru
D. Indonesia sebagai kantong dan gudang
perbekalan penunjang perang Asia Pasifik
8. Tujuan
Jepang membentuk tentara “PETA” pada saat menduduki Indonesia
adalah untuk ….
A. mengerahkan
rakyat agar bersedia membantu atau
berbakti kepada Jepang
B. meningkatkan kesiapan
rakyat Indonesia menghadapi serangan tentara Sekutu
C. membantu memperkuat kedudukan Jepang di
Indonesia dari serangan Sekutu
D. membantu pertempuran langsung
tentara Jepang melawan Sekutu diberbagai front pertempuran
9.
Syudanco
(Komandan Pleton) Supriyadi dari PETA pada tanggal 14 Februari 1945
melakukan reaksi
perlawanan bersenjata melawan pendudukan Jepang di daerah ….
A. Pontianak (Kalimantan Barat)
B. Indramayu (Jawa Barat)
C. Singaparna (Jawa Barat)
D. Blitar (Jawa Timur)
10.
Tujuan Belanda yang
sebenarnya membawa orang-orang Netherland
Indies Civil Administration (NICA) pada
tahun 1945 di Indonesia adalah …
A. berusaha
mempersenjatai kembali KNIL (Koninklijk
Nerderlands Indisch Leger)
B. melucuti
dan mengumpulkan orang Jepang untuk kemudian dipulangkan
C.
berupaya
menegakkan kembali kekuasaannya di Indonesia
D.
menghimpun keterangan dan
menuntut penjahat perang
11. Belanda
mengakui secara de facto wilayah
Republik Indonesia meliputi Jawa, Madura, dan Sumatra adalah hasil
dari perundingan ….
A.
Linggarjati
B. Roem - Royen
C. Sjahrir - Van Mook
D. Konferensi
Meja Bundar
12. Pertempuran
Ambarawa terjadi tanggal 20 November sampai tanggal 15 Desember 1945 antara
pasukan TKR dan Pemuda Indonesia melawan pasukan ….
A. Belanda
B. Jepang
C. Sekutu
D. Inggris
13. Perhatikan
pernyataan berikut ini!
1) Para
pejuang Republik Indonesia terus melakukan perang gerilya dan serangan umum
2)
Belanda menyadari bahwa kekuatan militernya
di Indonesia tidak cukup kuat untuk memaksa RI tunduk kepadanya
3)
Amerika Serikat mengancam akan menghentikan
bantuan pembangunan yang menjadi tumpuan perekonomian Belanda
4)
Perang yang berkepanjangan mengakibatkan
hancurnya perkebunan dan pabrik-pabrik Belanda, maka untuk menghindari hal itu
Belanda harus mengubah strateginya
Faktor dari
dalam negeri yang memaksa Belanda harus keluar dari Indonesia ditunjukkan
pada nomor ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D.
2, 3,
dan 4
14. Berikut
ini faktor yang memengaruhi proses kembalinya negara Republik Indonesia Serikat
( RIS) menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), kecuali ….
A. berbagai
masalah berupa kendala politik, ekonomi, sosial, dan sumber daya manusia
dihadapi oleh negara-negara bagian RIS
B.
bentuk RIS pada dasarnya
merupakan warisan kolonial Belanda yang tetap ingin berkuasa di Indonesia
C.
bentuk negara RIS sesuai dengan
cita-cita Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
D.
pembentukan negara RIS tidak
sesuai kehendak rakyat
15. Pelaksanaan pemilu I tahun 1955 berjalan lancar
dan sukses dilaksanakan pada masa Kabinet ….
A.
Burhanuddin Harahap
B.
Ali Sastroamijoyo I
C.
Sukiman
D. Wilopo
16. Berikut ini
latar belakang Dekrit Presiden 5 Juli 1959, kecuali
....
A. adanya masa
reses konstituante yang tidak ada batasnya
B. kegagalan
konstituante untuk menyusun UUD baru
C.
keadaan
negara yang semakin kacau
D.
pembubaran
Badan Konstituante
17. Perhatikan
pernyataan berikut ini!
1) Sistem
pendidikan formal yang maju
2) Sikap
menghargai hasil karya orang lain
3) Adanya
kontak dengan kebudayaan lain
4)
Sikap masyarakat yang masih
sangat tradisional
Faktor-faktor
pendorong perubahan sosial budaya ditunjukkan
pada nomor ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D.
2, 3,
dan 4
18. Sebab
terjadinya perubahan sosial budaya yang berasal dari luar masyarakat (sebab ekstern) adalah ….
A. terjadi
pemberontakan sehingga mampu menyulut terjadi perubahan-perubahan besar
B. munculnya
berbagai bentuk pertentangan (conflict) dalam masyarakat
C. adanya
penemuan-penemuan baru yang berkembang di masyarakat
D.
adanya pengaruh kebudayaan dari
masyarakat lain
19. Berikut
ini unsur budaya barat yang mudah diterima dan ditiru oleh generasi muda adalah
….
A.
pergaulan, ulet, dan tekun
B.
disiplin, produktif, dan efisien
C.
mode, cara berpakaian, dan gaya
hidup
D.
mandiri, mode rambut, dan
bertanggung jawab
20.
Berikut ini contoh
budaya barat yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia kecuali ….
A.
individualisme
B.
kebiasaan
berdisiplin
C.
minum-minuman keras
D. penyalahgunaan obat-obat terlarang
II. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan tepat!
1. Sebutkan
masing-masing 2 contoh negara maju di Asia Timur dan di Benua Amerika!
2.
Bagaimanakah
cara Jepang menarik
simpati Bangsa Indonesia
agar bersedia membantu dalam perang Asia Pasifik?
3. Apakah tujuan
utama diadakan Serangan Umum 1 Maret 1949 kepada Belanda di Yogyakarta?
4. Sebutkan
4 isi pokok Dekrit Presiden 5 Juli 1959!
5.
Sebutkan 4 tipe perilaku masyarakat menyikapi perubahan
sosial budaya!
------- selamat mengerjakan -------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar