ULANGAN HARIAN IPS ke I KELAS 9
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Nama : .........................................
Kelas / No. Absen : IX .... / ......
Tahun pelajaran :
2014 / 2015
Nilai : …………………………….....
Kerjakanlah soal-soal berikut ini dengan memberi tanda
silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawab yang tersedia!
1. Negara yang rakyatnya memiliki kesejahteraan atau
kualitas hidup tinggi adalah pengertian dari ....
A. negara menengah tinggi
B. negara berkembang
C. negara menengah
D. negara maju
2.
Berikut ini indikator suatu negara dikelompokkan menjadi negara maju
dan negara berkembang
dengan indikator secara
kuantitatif yaitu ….
A. tingkat pertumbuhan penduduk
B.
tingkat pendidikan
C.
mata pencaharian
D.
tingkat kesehatan
3.
Berikut ini indikator suatu negara dikelompokkan menjadi negara maju
dan negara berkembang
dengan indikator secara
kualitatif yaitu ….
A.
tingkat pertumbuhan
penduduk
B.
angka beban tanggungan
C.
usia harapan hidup
D. mata pencaharian
4.
Berikut ini ciri-ciri negara maju, kecuali
....
A.
produktivitas masyarakat
didominasi barang-barang hasil produksi dan jasa
B.
produktivitas
masyarakatnya masih didominasi barang-barang primer
C.
sumber daya alam
dimanfaatkan secara maksimal
D.
dapat mengatasi masalah
kependudukan
5.
Berikut ini ciri-ciri negara berkembang, kecuali ....
A.
tingkat pendidikan
relatif tinggi
B.
tingkat kesehatan masih
rendah
C.
tingkat pendapatan masih
rendah
D.
sumber daya alam belum
dimanfaatkan secara optimal
6. Perhatikan
pernyataan berikut ini.
1.
kondisi
masyarakat belum produktif
2.
mata pencaharian
masyarakat pada sektor pertanian
3.
cara berproduksi dan
pola perekonomian masih tradisional
4.
perekonomian dilakukan
untuk memenuhi kebutuhan sendiri
5.
sistem dan pola kerjanya
masih bersifat tradisi/turun temurun
Pernyataan tersebut merupan
ciri-ciri perkembangan masyarakat pada tahap ....
A. lepas
landas
B. masyarakat
tradisional
C. prakondisi
lepas landas
D. gerak
menuju kematangan
7. Perhatikan
pernyataan berikut ini.
1.
usaha-usaha
produksi semakin berkembang
2.
pendapatan perkapita dan
pendapatan nasional semakin meningkat
3.
sektor produksi lebih
dominan sehingga memacu pertumbuhan ekonomi
4.
terciptanya berbagai
pembaruan yang lebih produktif dan efisien di segala bidang
Pernyataan tersebut merupan ciri-ciri perkembangan masyarakat pada tahap
....
A. lepas
landas
B. masyarakat
tradisional
C. prakondisi
lepas landas
D. gerak
menuju kematangan
8. Ada dua negara
yang dikelompokkan dalam negara maju di Asia Timur yaitu ....
A.
Jepang dan Cina
B.
Korea selatan dan Jepang
C.
Vietman dan Korea
Selatan
D.
Singapura dan Selandia
Baru
9. Kelompok negara maju yang terletak di sebelah
selatan garis katulistiwa yaitu ….
A.
Ukraina dan Hongkong
B.
Amerika Serikat dan kanada
C.
Australia dan Selandia Baru
D.
Brunai Darussalam dan Norwegia
10. Irak, Iran, Tuki, Arab Saudi, Yaman, Oman, Lebanon, dan
Suriah merupakan kelompok negara berkembang yang
terletak di ....
A. Asia
Tenggara
B. Asia Tengah
C. Asia Selatan
D. Asia Barat
11. Meksiko, Guatemala, Honduras, El Salvador, Panama, Belize, Kosta Rika
merupakan kelompok negara berkembang yang terletak di
....
A.
Amerika Tengah
B. Amerika Barat
C. Kepulauan Karibia
D. Amerika Selatan
12.
Ethiopia,
Tanzania, Somalia, Madagaskar, Kenya, Zimbabwe, Uganda, Malawi, Burundi,
Rwanda, Jibuti, Reunion, Komoro, Mauri Tius, Seychelles merupakan kelompok negara berkembang
yang terletak di ....
A.
Afrika Selatan
B.
Afrika Utara
C.
Afrika Timur
D.
Afrika Barat
13. Berikut ini prinsip kehidupan yang dapat dilakukan untuk merubah
Indonesia menjadi negara maju yang dimulai dari diri kita sendiri, kecuali ….
A. beretika baik dan
disiplin
B.
kerja santai dan senang
berfoya-foya
C.
bertanggungjawab dan
jujur dalam segala hal
D.
menghormati orang lain
dan hukum yang berlaku
14. Contoh negara
kaya dengan hasil utama dari minyak bumi adalah ....
A. Singapura dan Jepang
B. Indonesia dan Saudi Arabia
C. Brunai Darussalam dan Dubai
D. Australia dan Amerika Serikat
15. Berdasarkan movie berjudul “Perbandingan negara maju
Singapura dengan negara berkembang Indonesia”, maka Negara Singapura memliki daya saing pada peringkat ke .... sedunia.
A. 100
B. 50
C. 41
D. 2
16. Berdasarkan movie berjudul “Negara Maju dan Berkembang”,
maka sumber perekonomian negara berkembang bergerak pada bidang ....
A. pertanian dan SDA
B. perikanan dan jasa
C. industri dan pertanian
D. SDA dan perdagangan
17. Berikut ini merupakan kondisi negara Korea
selatan berdasarkan movie berjudul “Negara Maju dan
Berkembang”, kecuali ....
A. fasilitas kesehatan canggih dan sangat komplit
B.
menjadi
negara industri senjata roket, teknologi
sangat maju, pencipta gadget
C. SDM memadai, disiplin, mencintai negaranya, semangat membangun negaranya
tinggi
D. tingkat industri masih rendah karena perekonomian tergantung pada bidang pertanian
18. Paham yang menonjolkan kepentingan negara diatas segalanya dan kepentingan perorangan diabaikan adalah pengertian dari ….
A.
demokrasi
terpimpin
B.
demokrasi liberal
C.
sosialisme
D. fasisme
19. Adolf Hitler adalah pemimpin fasisme dari negara ….
A. Italia
B. Jerman
C. Jepang
D. Polandia
20. Berikut ini ciri-ciri suatu negara menganut
faham fasis, kecuali ….
A.
kepentingan negara
ditonjolkan dan kepentingan perorangan diabaikan
B.
rasa nasionalisme berlebihan
dan merendahkan bangsa lain
C. mendewakan penguasa tunggal atau diktator
D.
menjunjung
tinggi demokrasi
21. Kenangan kejayaan masa
lampau pada jaman Imperium Romawi
dan rakyat tak puas dengan keadaan masyarakat yang ada
adalah sebab munculnya fasisme dari negara ….
A. Italia
B. Jerman
C. Jepang
D. Polandia
22.
Perhatikan pernyataan berikut ini.
1.
LBB gagal menciptakan
dan memelihara perdamaian dunia
2.
Jerman menyerang Polandia pada tanggal
1 September 1939
3. perlombaan senjata antarnegara dan perebutan daerah jajahan
4. muncul kecurigaan antarnegara di Eropa sehingga saling bersiap untuk berperang
Sebab Umum Perang Dunia II ditunjukkan pada nomor ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 4
23. Sebab khusus Perang Dunia II bagi negara
Amerika Serikat adalah ….
A. Jerman
menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939
B.
perlombaan senjata antarnegara dan perebutan daerah
jajahan
C.
muncul kecurigaan antarnegara di Eropa sehingga saling bersiap untuk berperang
D.
Jepang menyerbu pangkalan Angkatan Laut di Perl Harbour tanggal 7 Desember
1941
24.
Perang Dunia II dalam pertempuran Jerman dan
Italia melawan Inggris, Ethiopia, Mesir, Aljazair, dan Maroko terjadi pada Front ….
A. Eropa
Barat
B. Eropa
Timur
C. Eropa
Selatan
D. Afrika Utara
25. Pertempuran antara Jepang melawan USA, Inggris, Belanda,
Cina, Kanada, dan Australia dalam Perang Dunia II
terjadi pada Front ….
A. Asia
Pasifik
B.
Eropa Timur
C.
Afrika Utara
D. Eropa
Selatan
26. Kep. Kuril, Marshall, Gilbert, L. Bismarck, Papua Utara, Kep. Aleut, Midway, Corolina,
Mariana, Kep. Solomon, Saipan, Guam, dan L. Koral adalah daerah yang berhasil dikuasai Jepang pada awal Perang Dunia
II di kawasan ....
A. Asia Tenggara
B. Asia Selatan
C. Asia Pasifik
D. Asia Timur
27. Berikut
ini sebab-sebab Kekalahan Negara
Blok Sentral, kecuali ....
A. negara-negara Blok Sentral
secara potensi tidak memiliki SDA yang penting untuk peperangan
B. negara Sekutu dan daerah-daerah
jajahan yang memiliki bahan-bahan strategi terpadu kuat
C. masuknya Italia ke dalam Blok Sekutu
D. teknologi pihak Sekutu sangat
maju
28. Untuk mengakhiri Perang Dunia II dilakukan Perjanjian Postdam pada tanggal 2 Agustus 1945 antara ....
A.
Sekutu
dengan Jerman
B.
Sekutu
dengan Jepang
C.
Sekutu
dengan Austria
D.
Sekutu
dengan Italia
29. Untuk
mengakhiri Perang Dunia II dilakukan Perjanjian San Francisco pada tahun 1951 antara ....
A. Sekutu dengan Jerman
B. Sekutu dengan Jepang
C. Sekutu dengan Austria
D. Sekutu dengan Italia
30. Muncul organisasi militer dari Blok Barat
(Nato) dan Blok Timur (Pakta
Warsawa) serta imperialisme dan kolonialisme di Benua Asia dan
Afrika berakhir adalah akibat PD II pada bidang ....
A. ekonomi
B. budaya
C. politik
D. sosial
31. Banyak
sarana dan prasarana kehidupan hancur dan USA menjadi negara kreditor/pemberi
pinjaman kepada negara lain adalah akibat PD II pada bidang ....
A. ekonomi
B. budaya
C. politik
D. sosial
32. Akibat Perang Dunia II pada bidang ekonomi muncul sistem Ekonomi Liberal
yang dianut oleh negara-negara ....
A. sosialis
B.
kapitalis
C. komunis
D.
baru merdeka
33. Muncul
ide mendirikan lembaga internasional yang memelihara perdamaian dunia bernama PBB yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 adalah akibat Perang Dunia II pada bidang ....
A. ekonomi
B. budaya
C. sosial
D. politik
34. Wiston Churchill adalah pemrakarsa didirikan
PBB pada tanggal 24 Oktober 1945 dari Negara ....
A. Inggris
B.
Perancis
C.
Uni Sovyet
D. Amerika Serikat
35. Akibat
Perang Dunia II bagi Indonesia adalah ....
A. banyak sarana dan prasarana kehidupan hancur
B. golongan cerdik pandai semakin
kuat kedudukannya
C. penjajahan Belanda di Indonesia
berakhir dan mulai diduduki Jepang
D. penjajahan Jepang di Indonesia
berakhir dan mulai diduduki Belanda
36. Berikut ini faktor yang menyebkan Perang Dunia II dapat berakhir tahun 1945, kecuali ....
A. Blok Sekutu dapat merebut kembali satu persatu daerah yang dikuasai Blok
Sentral
B. pemimpin Italia dapat ditangkap dan pemimpin Jerman dukabarkan bunuh diri
C. dua kota besar di Jepang di bom atom oleh Amerika Serikat
D. pemimpin Jerman dapat ditangkap dan diadili
37. Pada tanggal 8 Maret 1942 Belanda menyerah kepada Jepang dilakukan di daerah ....
A. Tarakan (daerah Kalimantan)
B. Palembang (daerah Sumatera)
C. Surabaya (daerah Jawa Timur)
D. Kalijati (daerah Subang, Jawa Barat)
38. Latar belakang atau sebab pendudukan Jepang di Indonesia adalah ....
A. menguasai SDA Indonesia sebagai sumber bahan baku industri dan mesin perang
B. sebagai kantong dan gudang perbekalan penunjang perang Asia Pasifik
C. sentimen terhadap imperialisme
bangsa barat di kawasan Asia
D. menjadi kubu pertahanan saat berperang melawan Sekutu
39. Tujuan pendudukan Jepang di Indonesia adalah ....
A. melancarkan kampanye penyerahan barang dan bahan pangan secara besar-besaran
B. menguasai SDA Indonesia sebagai sumber bahan baku industri dan mesin perang
C. menganjurkan rakyat memproduksi pangan dengan membuka areal baru
D. mengawasi dan monopoli penjualan hasil teh, karet, kina, dan kopi
40. Eksploitasi
sumber tenaga kerja pada masa pendudukan Jepang di Indonesia berupa kerja paksa
tanpa upah dari petani dan rakyat biasa dipekerjakan membangun jalan raya, rel
kereta api, benteng pertahanan, gua perlindungan, pelabuhan, jembatan dinamakan
....
A. Keibodan
B. Romusha
C. Kinrohoshi
D. Seinendan
41. Organisasi yang dibentuk pada
masa pendudukan Jepang di Indonesia yang
tujuannya untuk menghindari pengaruh kaum nasionalis dan membantu tugas polisi
adalah ....
A. Fujinkai
B.
Suisintai
C. Keibodan
D. Gakutotai
42. Tujuan Jepang
yang sebenarnya membentuk Seinendan pada tanggal 9 Maret 1942 adalah ....
A.
mendidik dan melatih para pemuda agar dapat menjaga dan mempertahankan tanah air
dengan kekuatan sendiri
B. memperoleh tenaga cadangan memperkuat tentara
Jepang melawan Sekutu
C. untuk mengerahkan rakyat agar mau membantu atau berbakti
kepada Jepang
D. meningkatkan kesiapan
rakyat Indonesia menghadapi Sekutu
43. Membantu
pertempuran langsung tentara Jepang melawan Sekutu diberbagai front pertempuran
di Indonesia adalah tujuan Jepang
membentuk organisasi ....
A. PETA (Pembela Tanah Air)
B.
Jawa Hohokai
C.
Suisintai
D. Heiho
44. Tujuan Jepang membentuk Suisintai (Barisan Pelopor) pada tanggal 14 September 1944
yang ketuanya Ir. Soekarno adalah ....
A.
memperkuat pertahanan dengan menyediakan bahan
makanan dan mengumpulkan dana wajib
B.
menghindari pengaruh kaum nasionalis dan membantu tugas polisi
C.
meningkatkan kesiapan rakyat Indonesia menghadapi Sekutu
D.
membantu
melawan Sekutu di dalam negeri atau di Indonesia
45. Wilayah III pada masa pemerintahan militer Jepang di Indonesia diperintah oleh
angkatan laut dengan pusatnya di Kota
....
A.
Jakarta
B. Makassar
C. Pontianak
D.
Bukittinggi
46. Tujuan
Jepang membentuk struktur pemerintahan dari tingkat Keresidenan (Syu) sampai
Rukun Tetangga (Tonarigumi) adalah
....
A.
Agar rakyat memproduksi pangan dengan membuka areal baru
B.
untuk
membantu Jepang melawan Sekutu di Indonesia
C.
untuk
meningkatkan pengawasan terhadap penduduk
D. agar lembaga
politik tradisional menjadi pudar
47. Berikut ini cara jepang menarik simpati Bangsa Indonesia agar bersedia membantu Jepang
dalam Perang Asia Pasifik, kecuali
....
A. kedudukan Indonesia dan Jepang tidak sama
B.
Jepang sebagai saudara
tua bangsa Indonesia
C.
Jepang akan memimpin
Asia untuk membangun Asia Timur Raya
D. Bendera Merah Putih boleh dikibarkan disamping bendera Hinomaru milik
Jepang
48. Membujuk kaum nasionalis dan
intelektual agar
bersedia menyumbangkan tenaga dan pikiran kepada pemerintah adalah tujuan Jepang membentuk organisasi
....
A. Jawa Hokokai
B. Chuo Sangi In
C.
Barisan
Pelopor
D. Pusat Tenaga Rakyat
49. Meningkatkan kesiapan rakyat
Indonesia menghadapi serangan Sekutu adalah tujuan Jepang membentuk organisasi
....
A. Chuo Sangi In
B. Jawa Hokokai
C.
Barisan
Pelopor
D. Pusat Tenaga Rakyat
50. Memberi nasehat kepada Seiko
Sikikan (penguasa tertinggi militer Jepang di Indonesia) adalah tujuan
Jepang membentuk organisasi ....
A. Chuo Sangi In
B. Jawa Hokokai
C. Barisan Pelopor
D. Pusat Tenaga Rakyat
51. Menjalin komunikasi dengan para tokoh
nasionalis lainnya dan propaganda kemerdekaan atau mempersiapkan kemerdekaan
Indonesia adalah gerakan perlawanan melawan pandudukan Jepang di Indonesia yang
dilakukan melalui ....
A.
organisasi politik bentukan Jepang
B.
gerakan
bawah tanah/secara rahasia
C. organisasi politik buatan bangsa Indonesia
D.
perlawanan
dengan perlawanan bersenjata
52. Sebab
terjadi perlawanan bersenjata di Singaparna (Jawa Barat) yang dipimpin Kyai
Zainal Mustafa pada bulan Februari 1944 adalah
....
A. ada perintah upacara Seikerei
(penghormatan kepada kaisar Jepang dengan membungkukkan badan dan menghadap ke timur)
B. rakyat benci terhadap Jepang karena rakyat banyak menjadi romusha
C.
tidak
tahan melihat perilaku kekejaman Jepang
terhadap rakyat
D.
perlakuan
baik Jepang menimbulkan penderitaan rakyat
53. H.
Madriyas pada bulan April 1944 melakukakan perlawanan
bersenjata terhadap pendudukan Jepang di Indonesia di daerah ….
A.
Singaparna
B.
Indramayu
C.
Cilacap
D. Blitar
54. Perlawanan
bersenjata dipimpin Syudanco (komandan
pleton) Supriyadi dari PETA tanggal 14 Februari 1945 terjadi di daerah ....
A. Pontianak (Kalimantan Barat)
B.
Singaparna (Jawa Barat)
C.
Indramayu (Jawa Barat)
D.
Blitar (Jawa Timur)
55. Tujuan Jepang menberi janji kemerdekaan kepada
bangsa Indonesia kelak di
kemudian hari pada tanggal 7 September 1944 oleh Perdana Menteri Koiso adalah
....
A. mempelajari hal-hal penting tentang masalah tata pemerintahan Indonesia
merdeka
B. agar bangsa Indonesia tetap membantu Jepang
melawan sekutu dalam Perang Asia Pasifik
C. pemimpin Indonesia diberi
kesempatan untuk merumuskan/mempersiapkan
kemerdekaan
D. mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan bagi pendirian negara dan pemerintahan Indonesia
56.
Tugas dibentuk PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia)
pada tanggal 7 Agustus 1945 adalah ....
A.
mempelajari hal-hal
penting tentang masalah tata pemerintahan Indonesia merdeka
B. agar bangsa Indonesia tetap membantu Jepang
melawan sekutu dalam Perang Asia Pasifik
C.
pemimpin Indonesia diberi kesempatan untuk
merumuskan/mempersiapkan kemerdekaan
D.
mempersiapkan segala
sesuatu yang dibutuhkan bagi
pendirian negara dan pemerintahan Indonesia
57. Konsep dasar Negara dalam sidang
BPUPKI I yang berisi Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau
Perikemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, Ketuhanan Yang
Maha Esa dikemukakan oleh ....
A.
Ir. Soekarno
B.
Mr. Muh. Yamin
C.
Prof.
Dr. Supomo
D. Mr. Akhmad Soebardjo
58. Bangsa Indonesia diperkenankan
memimpin organisasi dan berlatih dalam pemerintahan adalah
akibat pendudukan Jepang di Indonesia pada bidang ....
A.
politik
B.
ekonomi
C.
pendidikan
D.
sosial budaya
59. Berikut
ini akibat pendudukan Jepang di Indonesia pada bidang pendidikan, kecuali ....
A. pendidikan merata untuk semua kalangan
B. pengenalan senam kesegaran jasmani (taisho) dan upacara bendera
C. bangsa Indonesia dilatih kemiliteran dan cara menggunakan senjata api
D. bahasa Jepang menjadi bahasa pengantar dan penggunaan
seragam sekolah
60. Akibat atau
dampak positif pendudukan/penjajahan Jepang bagi bangsa Indonesia adalah ....
A.
kondisi ekonomi rakyat yang semakin menurun
B. bangsa Indonesia mempunyai rasa
disiplin yang diterapkan oleh Jepang
C.
kehidupan rakyat
Indonesia di pedesaan makin parah mengalami penderitaan
D. para tokoh
pergerakan nasional ditindas karena tidak mau bekerjasama dengan Jepang
---------- selamat mengerjakan ----------
1 komentar:
Arsip Ulangan Harian ini sebagai bahan latihan belajar untuk memahami & mendalami materi pelajaran IPS
Kelas 9 Bab 1 - 3.
Posting Komentar