ULANGAN HARIAN IPS ke I KELAS 9 TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


ULANGAN HARIAN IPS ke I KELAS 9
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Mata Pelajaran            :  Ilmu Pengetahuan Sosial
Nama                           :  .........................................
Kelas  / No. Absen       :   IX ....  /  ......
Tahun pelajaran          :  2014 / 2015
 Nilai                            :  …………………………….....

Kerjakanlah soal-soal berikut ini dengan memberi tanda silang (X) pada huruf  A, B, C, atau D pada lembar jawab yang tersedia!

1.   Negara yang rakyatnya memiliki kesejahteraan atau kualitas hidup tinggi adalah pengertian dari ....
A.  negara menengah tinggi
B.  negara berkembang
C.  negara menengah
D.  negara maju

2.   Berikut ini indikator suatu negara dikelompokkan menjadi negara maju dan negara berkembang
dengan indikator secara kuantitatif  yaitu ….
A.  tingkat pertumbuhan penduduk
B.  tingkat pendidikan
C.  mata pencaharian
D.  tingkat kesehatan

3.   Berikut ini indikator suatu negara dikelompokkan menjadi negara maju dan negara berkembang
dengan indikator secara kualitatif  yaitu ….
A.  tingkat pertumbuhan penduduk
B.  angka beban tanggungan
C.  usia harapan hidup
D.  mata pencaharian

4.   Berikut ini ciri-ciri negara maju, kecuali ....
A.  produktivitas masyarakat didominasi barang-barang hasil produksi dan jasa
B.  produktivitas masyarakatnya masih didominasi barang-barang primer
C.  sumber daya alam dimanfaatkan secara maksimal
D.  dapat mengatasi masalah kependudukan

5.   Berikut ini ciri-ciri negara berkembang, kecuali ....
A.  tingkat pendidikan relatif tinggi
B.  tingkat kesehatan masih rendah
C.  tingkat pendapatan masih rendah
D.  sumber daya alam belum dimanfaatkan secara optimal

6.  Perhatikan pernyataan berikut ini.
1.   kondisi masyarakat belum produktif
2.   mata pencaharian masyarakat pada sektor pertanian
3.   cara berproduksi dan pola perekonomian masih tradisional
4.   perekonomian dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sendiri
5.   sistem dan pola kerjanya masih bersifat tradisi/turun temurun
Pernyataan tersebut merupan ciri-ciri perkembangan masyarakat pada tahap ....
A.  lepas landas
B.  masyarakat tradisional
C.  prakondisi lepas landas
D.  gerak menuju kematangan 

7.  Perhatikan pernyataan berikut ini.
1.   usaha-usaha produksi semakin berkembang
2.   pendapatan perkapita dan pendapatan nasional semakin meningkat
3.   sektor produksi lebih dominan sehingga memacu pertumbuhan ekonomi
4.   terciptanya berbagai pembaruan yang lebih produktif dan efisien di segala bidang
Pernyataan tersebut merupan ciri-ciri perkembangan masyarakat pada tahap ....
A.  lepas landas
B.  masyarakat tradisional
C.  prakondisi lepas landas
D.  gerak menuju kematangan 

8.  Ada dua negara yang dikelompokkan dalam negara maju di Asia Timur yaitu ....
A.  Jepang dan Cina
B.  Korea selatan dan Jepang
C.  Vietman dan Korea Selatan
D.  Singapura dan Selandia Baru

9.  Kelompok negara maju yang terletak di sebelah selatan garis katulistiwa yaitu ….
A.  Ukraina dan Hongkong
B.  Amerika Serikat dan kanada
C.  Australia dan Selandia Baru
D.  Brunai Darussalam dan Norwegia

10.  Irak, Iran, Tuki, Arab Saudi, Yaman, Oman, Lebanon, dan Suriah merupakan kelompok negara berkembang yang terletak di ....
A.  Asia Tenggara
B.  Asia Tengah
C.  Asia Selatan
D.  Asia Barat 

11.  Meksiko, Guatemala, Honduras, El Salvador, Panama, Belize, Kosta Rika merupakan kelompok negara berkembang yang terletak di ....
A.  Amerika Tengah
B.  Amerika Barat
C.  Kepulauan Karibia
D.  Amerika Selatan

12Ethiopia, Tanzania, Somalia, Madagaskar, Kenya, Zimbabwe, Uganda, Malawi, Burundi, Rwanda, Jibuti, Reunion, Komoro, Mauri Tius, Seychelles merupakan kelompok negara berkembang yang terletak di ....
            A.   Afrika Selatan
            B.   Afrika Utara
            C.   Afrika Timur
            D.  Afrika Barat  

13.  Berikut ini prinsip kehidupan yang dapat dilakukan untuk merubah Indonesia menjadi negara maju yang dimulai dari diri kita sendiri, kecuali ….
A.  beretika baik dan disiplin
B.  kerja santai dan senang berfoya-foya
C.  bertanggungjawab dan jujur dalam segala hal
D.  menghormati orang lain dan hukum yang berlaku

14.  Contoh negara kaya dengan hasil utama dari minyak bumi adalah ....
            A.   Singapura dan Jepang
            B.   Indonesia dan Saudi Arabia
            C.   Brunai Darussalam dan Dubai
            D.  Australia dan Amerika Serikat

15.   Berdasarkan movie berjudul “Perbandingan negara maju Singapura dengan negara berkembang Indonesia”, maka Negara Singapura memliki daya saing pada peringkat ke .... sedunia.
A.  100
B.  50
C.  41
D.  2
  
16.  Berdasarkan movie berjudul “Negara Maju dan Berkembang”, maka sumber perekonomian negara berkembang bergerak pada bidang ....
            A.   pertanian dan SDA
            B.   perikanan dan jasa
            C.   industri dan pertanian
            D.  SDA dan perdagangan

17.   Berikut ini merupakan kondisi negara Korea selatan berdasarkan movie berjudul “Negara Maju dan Berkembang”, kecuali ....
            A.   fasilitas kesehatan canggih dan sangat komplit
            B.   menjadi negara  industri senjata roket, teknologi sangat maju, pencipta gadget
            C.   SDM memadai, disiplin, mencintai negaranya, semangat membangun negaranya tinggi
            D.  tingkat industri masih rendah karena perekonomian tergantung  pada bidang pertanian

18.  Paham yang menonjolkan kepentingan negara diatas segalanya dan kepentingan perorangan diabaikan adalah pengertian dari ….
            A.   demokrasi terpimpin
            B.   demokrasi liberal
            C.   sosialisme
            D.  fasisme

19.  Adolf Hitler adalah pemimpin fasisme dari negara ….
A.  Italia
B.  Jerman
C.  Jepang
D.  Polandia

20.  Berikut ini ciri-ciri suatu negara menganut faham fasis, kecuali ….
A.  kepentingan negara ditonjolkan dan kepentingan perorangan diabaikan
B.  rasa nasionalisme berlebihan dan merendahkan bangsa lain
C.  mendewakan penguasa tunggal atau diktator
D.  menjunjung tinggi demokrasi

21.  Kenangan kejayaan masa lampau pada jaman Imperium Romawi dan rakyat tak puas dengan keadaan masyarakat yang ada adalah sebab munculnya fasisme dari negara ….
A.  Italia
B.  Jerman
C.  Jepang
D.  Polandia

22.  Perhatikan pernyataan berikut ini.
            1.   LBB gagal menciptakan dan memelihara perdamaian dunia
            2.   Jerman menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939
            3.   perlombaan senjata antarnegara dan perebutan daerah jajahan
            4.   muncul kecurigaan antarnegara di Eropa sehingga saling bersiap untuk berperang
            Sebab Umum Perang Dunia II ditunjukkan pada nomor ….
A.  1, 2, dan 3
B.  1, 2, dan 4
C.  1, 3, dan 4
D.  2, 3, dan 4

23.  Sebab khusus Perang Dunia II  bagi negara Amerika Serikat adalah ….
A.  Jerman menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939
B.  perlombaan senjata antarnegara dan perebutan daerah jajahan
C.  muncul kecurigaan antarnegara di Eropa sehingga saling bersiap untuk berperang
D.  Jepang menyerbu pangkalan Angkatan Laut di Perl Harbour tanggal 7 Desember 1941

24.  Perang Dunia II dalam pertempuran Jerman dan Italia melawan Inggris, Ethiopia, Mesir, Aljazair, dan Maroko terjadi pada Front ….
A.  Eropa Barat
B.  Eropa Timur
C.  Eropa Selatan
D.  Afrika Utara

25Pertempuran antara Jepang melawan USA, Inggris, Belanda, Cina, Kanada, dan Australia dalam Perang          Dunia II terjadi pada Front ….
           A.   Asia Pasifik
           B.   Eropa Timur
           C.   Afrika Utara
           D.  Eropa Selatan

26.   Kep. Kuril, Marshall, Gilbert, L. Bismarck, Papua Utara, Kep. Aleut, Midway, Corolina, Mariana, Kep. Solomon, Saipan, Guam, dan L. Koral adalah daerah yang berhasil dikuasai Jepang pada awal Perang Dunia II di kawasan ....
A.   Asia Tenggara
B.   Asia Selatan
C.   Asia Pasifik
D.  Asia Timur

27.  Berikut ini sebab-sebab Kekalahan Negara Blok Sentral, kecuali ....
            A.   negara-negara Blok Sentral secara potensi tidak memiliki SDA yang penting untuk peperangan
            B.   negara Sekutu dan daerah-daerah jajahan yang memiliki bahan-bahan strategi terpadu kuat
            C.   masuknya Italia ke dalam Blok Sekutu
            D.  teknologi pihak Sekutu sangat maju
28.   Untuk mengakhiri Perang Dunia II  dilakukan Perjanjian Postdam pada tanggal 2 Agustus 1945 antara ....
             A.   Sekutu dengan Jerman
             B.   Sekutu dengan Jepang
             C.   Sekutu dengan Austria
             D.  Sekutu dengan Italia

29.  Untuk mengakhiri Perang Dunia II  dilakukan Perjanjian San Francisco pada tahun 1951 antara ....
A.  Sekutu dengan Jerman
B.  Sekutu dengan Jepang
C.  Sekutu dengan Austria
D.  Sekutu dengan Italia

30.  Muncul organisasi militer dari Blok Barat (Nato) dan Blok Timur (Pakta Warsawa) serta imperialisme dan kolonialisme di Benua Asia dan Afrika berakhir adalah akibat PD II pada bidang ....
A.  ekonomi
B.  budaya
C.  politik
D.  sosial

31.  Banyak sarana dan prasarana kehidupan hancur dan USA menjadi negara kreditor/pemberi pinjaman kepada negara lain adalah akibat PD II pada bidang ....
A.  ekonomi
B.  budaya
C.  politik
D.  sosial

32.  Akibat Perang Dunia II pada bidang ekonomi muncul sistem Ekonomi Liberal yang dianut oleh negara-negara ....
A.  sosialis
B.  kapitalis
C.  komunis
D.  baru merdeka

33.  Muncul ide mendirikan lembaga internasional yang memelihara perdamaian dunia bernama PBB yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 adalah akibat Perang Dunia II pada bidang ....
A.  ekonomi
B.  budaya
C.  sosial
D.  politik
  
34.  Wiston Churchill adalah pemrakarsa didirikan PBB  pada tanggal  24 Oktober 1945 dari Negara ....
           A.   Inggris
           B.   Perancis
           C.   Uni Sovyet
           D.  Amerika Serikat

35.  Akibat Perang Dunia II bagi Indonesia adalah ....
A.  banyak sarana dan prasarana kehidupan hancur
B.  golongan cerdik pandai semakin kuat kedudukannya
C.  penjajahan Belanda di Indonesia berakhir dan mulai diduduki Jepang
D.  penjajahan Jepang di Indonesia berakhir dan mulai diduduki Belanda

36.  Berikut ini faktor yang menyebkan Perang Dunia II dapat berakhir tahun 1945, kecuali ....
            A.   Blok Sekutu dapat merebut kembali satu persatu daerah yang dikuasai Blok Sentral
            B.   pemimpin Italia dapat ditangkap dan pemimpin Jerman dukabarkan bunuh diri
            C.   dua kota besar di Jepang di bom atom oleh Amerika Serikat
            D.  pemimpin Jerman dapat ditangkap dan diadili

37.  Pada tanggal 8 Maret 1942 Belanda menyerah kepada Jepang dilakukan di daerah ....
            A.   Tarakan (daerah Kalimantan)
            B.   Palembang (daerah Sumatera)
            C.   Surabaya (daerah Jawa Timur)
            D.  Kalijati (daerah Subang, Jawa Barat)

38.  Latar belakang atau sebab pendudukan Jepang di Indonesia adalah ....          
A.  menguasai SDA Indonesia sebagai sumber bahan baku industri dan mesin perang
B.  sebagai kantong dan gudang perbekalan penunjang perang Asia Pasifik
C.  sentimen terhadap imperialisme bangsa barat di kawasan Asia
D.  menjadi kubu pertahanan saat berperang melawan Sekutu
39.  Tujuan pendudukan Jepang di Indonesia adalah ....
A.  melancarkan kampanye penyerahan barang dan bahan pangan secara besar-besaran
B.  menguasai SDA Indonesia sebagai sumber bahan baku industri dan mesin perang
C.  menganjurkan rakyat memproduksi pangan dengan membuka areal baru
D.  mengawasi dan monopoli penjualan hasil teh, karet,  kina, dan kopi

40.  Eksploitasi sumber tenaga kerja pada masa pendudukan Jepang di Indonesia berupa kerja paksa tanpa upah dari petani dan rakyat biasa dipekerjakan membangun jalan raya, rel kereta api, benteng pertahanan, gua perlindungan, pelabuhan, jembatan dinamakan ....
A.  Keibodan
B.  Romusha
C.  Kinrohoshi
D.  Seinendan

41.  Organisasi yang dibentuk  pada masa pendudukan Jepang di Indonesia  yang tujuannya untuk menghindari pengaruh kaum nasionalis dan membantu tugas polisi adalah ....
            A.   Fujinkai
            B.   Suisintai
            C.   Keibodan
            D.  Gakutotai

42.  Tujuan Jepang yang sebenarnya membentuk Seinendan pada tanggal 9 Maret 1942 adalah ....
A.  mendidik dan melatih para pemuda agar dapat menjaga dan mempertahankan tanah air dengan kekuatan sendiri
B.  memperoleh tenaga cadangan memperkuat tentara Jepang melawan Sekutu
C.  untuk mengerahkan rakyat agar mau membantu atau berbakti kepada Jepang
D.  meningkatkan kesiapan rakyat  Indonesia menghadapi Sekutu

43.  Membantu pertempuran langsung tentara Jepang melawan Sekutu diberbagai front pertempuran di Indonesia adalah tujuan Jepang membentuk organisasi ....
            A.   PETA (Pembela Tanah Air)
            B.   Jawa Hohokai
            C.   Suisintai
            D.  Heiho
  
44.  Tujuan Jepang membentuk Suisintai (Barisan Pelopor) pada tanggal 14 September 1944 yang ketuanya Ir. Soekarno adalah ....
            A.   memperkuat pertahanan dengan menyediakan bahan makanan dan mengumpulkan dana wajib
            B.   menghindari pengaruh kaum nasionalis dan membantu tugas polisi
            C.   meningkatkan kesiapan rakyat  Indonesia menghadapi Sekutu
            D.  membantu melawan Sekutu di dalam negeri atau di Indonesia

45.   Wilayah III pada masa pemerintahan militer Jepang di Indonesia diperintah oleh angkatan laut  dengan pusatnya di Kota ....
            A.    Jakarta
            B.   Makassar
            C.   Pontianak
            D.    Bukittinggi

46.   Tujuan Jepang membentuk struktur pemerintahan dari tingkat Keresidenan (Syu) sampai Rukun Tetangga (Tonarigumi) adalah ....
             A.   Agar rakyat memproduksi pangan dengan membuka areal baru
             B.   untuk membantu Jepang melawan Sekutu di Indonesia
             C.   untuk meningkatkan pengawasan terhadap penduduk
             D.  agar lembaga politik tradisional menjadi pudar

47.  Berikut ini cara jepang menarik simpati Bangsa Indonesia agar bersedia membantu Jepang dalam Perang Asia Pasifik, kecuali ....
A.   kedudukan Indonesia dan Jepang tidak sama
B.   Jepang sebagai saudara tua bangsa Indonesia
C.   Jepang akan memimpin Asia untuk membangun Asia  Timur Raya
D.  Bendera Merah Putih boleh dikibarkan disamping bendera Hinomaru milik Jepang
48.  Membujuk kaum nasionalis dan intelektual agar bersedia menyumbangkan tenaga dan pikiran kepada pemerintah  adalah tujuan Jepang membentuk organisasi ....
             A.   Jawa Hokokai
             B.   Chuo Sangi In
             C.   Barisan  Pelopor
             D.  Pusat Tenaga Rakyat  

49.  Meningkatkan kesiapan rakyat Indonesia menghadapi serangan Sekutu adalah tujuan Jepang membentuk organisasi ....
            A.   Chuo Sangi In
            B.   Jawa Hokokai
            C.   Barisan  Pelopor
            D.  Pusat Tenaga Rakyat

50.  Memberi nasehat kepada Seiko Sikikan (penguasa tertinggi militer Jepang di Indonesia) adalah tujuan Jepang membentuk organisasi ....
A.  Chuo Sangi In
B.  Jawa Hokokai
C.  Barisan  Pelopor
D.  Pusat Tenaga Rakyat

51.  Menjalin komunikasi dengan para tokoh nasionalis lainnya dan propaganda kemerdekaan atau mempersiapkan kemerdekaan Indonesia adalah gerakan perlawanan melawan pandudukan Jepang di Indonesia yang dilakukan melalui ....
A.  organisasi politik bentukan Jepang
B.  gerakan bawah tanah/secara rahasia
C.  organisasi politik buatan bangsa Indonesia
D.  perlawanan dengan perlawanan bersenjata

52.   Sebab terjadi perlawanan bersenjata di Singaparna (Jawa Barat) yang dipimpin Kyai Zainal Mustafa pada bulan Februari 1944 adalah ....
A.  ada perintah upacara Seikerei (penghormatan kepada kaisar Jepang dengan membungkukkan badan dan menghadap ke timur)
B.  rakyat benci terhadap Jepang karena rakyat banyak menjadi romusha
C.  tidak tahan melihat perilaku kekejaman Jepang  terhadap rakyat
D.  perlakuan baik Jepang menimbulkan penderitaan rakyat

53.  H. Madriyas pada bulan April 1944 melakukakan perlawanan bersenjata terhadap pendudukan Jepang di Indonesia di daerah ….
            A.   Singaparna
            B.   Indramayu
            C.   Cilacap
            D.  Blitar

54.  Perlawanan bersenjata dipimpin Syudanco (komandan pleton) Supriyadi dari PETA tanggal 14 Februari 1945 terjadi di daerah ....
A.  Pontianak (Kalimantan Barat)
B.  Singaparna (Jawa Barat)
C.  Indramayu (Jawa Barat)
D.  Blitar (Jawa Timur)

55.   Tujuan Jepang menberi janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia kelak di kemudian hari pada tanggal 7 September 1944 oleh Perdana Menteri Koiso adalah ....
A.  mempelajari hal-hal penting tentang masalah tata pemerintahan Indonesia merdeka
B.  agar bangsa Indonesia tetap membantu Jepang melawan sekutu dalam Perang Asia Pasifik
C.  pemimpin Indonesia diberi kesempatan  untuk merumuskan/mempersiapkan kemerdekaan
D.  mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan bagi pendirian negara dan pemerintahan Indonesia
56.  Tugas dibentuk PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada tanggal 7 Agustus 1945 adalah ....
A.  mempelajari hal-hal penting tentang masalah tata pemerintahan Indonesia merdeka
B.  agar bangsa Indonesia tetap membantu Jepang melawan sekutu dalam Perang Asia Pasifik
C.  pemimpin Indonesia diberi kesempatan untuk merumuskan/mempersiapkan kemerdekaan
D.  mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan bagi pendirian negara dan pemerintahan Indonesia

57.  Konsep dasar Negara dalam sidang BPUPKI I yang berisi Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau Perikemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, Ketuhanan Yang Maha Esa dikemukakan oleh ....
               A.    Ir. Soekarno
             B.    Mr. Muh. Yamin
             C.    Prof. Dr. Supomo
             D.    Mr. Akhmad Soebardjo

58.  Bangsa Indonesia diperkenankan memimpin organisasi dan berlatih dalam pemerintahan adalah
       akibat pendudukan Jepang di Indonesia pada bidang ....
            A.   politik
            B.   ekonomi
            C.   pendidikan
            D.  sosial budaya

59.  Berikut ini akibat pendudukan Jepang di Indonesia pada bidang pendidikan, kecuali ....
A.  pendidikan merata untuk semua kalangan
B.  pengenalan senam kesegaran jasmani (taisho) dan upacara bendera
C.  bangsa Indonesia dilatih kemiliteran dan cara menggunakan senjata api
D.  bahasa Jepang menjadi bahasa pengantar dan penggunaan seragam sekolah

60.  Akibat atau dampak positif pendudukan/penjajahan Jepang bagi bangsa Indonesia adalah ....
A.  kondisi ekonomi rakyat yang semakin menurun
B.  bangsa Indonesia mempunyai rasa disiplin yang diterapkan oleh Jepang
C.  kehidupan rakyat Indonesia di pedesaan makin parah mengalami penderitaan
D.  para tokoh pergerakan nasional ditindas karena tidak mau bekerjasama dengan Jepang



----------  selamat mengerjakan  ----------

1 komentar:

Mudah belajar ips smp mengatakan...

Arsip Ulangan Harian ini sebagai bahan latihan belajar untuk memahami & mendalami materi pelajaran IPS
Kelas 9 Bab 1 - 3.