ULANGAN HARIAN IPS KE 2 BAB 14 DAN 15
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Nama
Lengkap : ...........................................................................
Kelas : VIII ........
No.
Absen : .................
Pilihlah salah satu jawaban yang paling
benar berikut ini dengan memberi tanda silang
( X ) pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawab
yang tersedia!
1.
Suatu sistem norma atau aturan untuk mengatur hubungan antar manusia
dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai masyarakat dinamakan ….
A.
reward system
B.
social control
C.
pranata sosial
D.
struktur sosial
2. Pranata sosial yang ada dalam masyarakat dibuat untuk
mencapai ….
A.
keteraturan sosial
B.
keseimbangan hidup
C.
kekuatan masyarakat
D.
kemakmuran bersama
3.
Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)
sebagai pengendali sosial masyarakat
2)
memberikan perlindungan kepada masyarakat
3)
memenuhi hajat hidup masyarakat untuk memperoleh keteraturan
sosial
4)
meningkatkan solidaritas dan kerukunan antar individu dalam
bermasyarakat
Tujuan umum dibentuk pranata sosial ditunjukkan pada nomor ….
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 4
D.
3 dan 4
4.
Berikut
ini fungsi pranata sosial sebagai pengatur berbagai bentuk aktivitas manusia
agar terwujud suasana kehidupan harmonis, kecuali
….
A. sebagai
kontrol sosial
B. menjaga
keutuhan masyarakat
C. sebagai
alat kelengkapan untuk mencapai tujuan
D. memberikan
pedoman pada anggota masyarakat
5.
Pranata sosial berlangsung dalam
waktu lama secara terus menerus. Hal ini berarti bahwa pranata sosial ….
A. terdiri atas peraturan tertulis
B. berlaku dalam setiap masyarakat
C. memiliki tingkat kekelan tertentu
D. dibutuhkan oleh masyarakat selamanya
6.
Fungsi pranata sosial yang nyata,
disadari, diakui, dan menjadi bagian harapan masyarakat dinamakan fungsi ….
A. laten
B. sosial
C. afeksi
D. manifes
7.
Pranata sosial selalu mengalami
perubahan karena menyesuaikan dengan perkembangan masyarakat di dunia.
Pernyataan tersebut menunjukkan
bahwa pranata sosial bersifat ….
A. dinamis
B. feksibel
C. stagnan
D. statis
8. Seorang anak dalam keluarga wajib bersikap hormat kepada
orang tua, tetapi tidak diatur secara tertulis tertulis.
Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa ciri pranata sosial
memiliki ….
A.
simbol yang khas
B.
tata tertib dan tradisi
C. tingkat kekekalan tertentu
D.
alat kelengkapan untuk mencapai
tujuan
9.
Contoh pranata sosial yang
merupakan regulative institutions adalah ….
A. bank dan kejaksaan
B. kepolisian dan pengadilan
C. pesantren dan sekolah minggu
D.
sekolah dan pusat latihan bahasa
10.
Simbol dalam pranata sosial memiliki maksud untuk ….
A.
menyatakan adanya ideologi tertentu
B.
menunjukkan tata tertib yang harus dipatuhi
C.
menunjukkan fungsi dan tujuan pranata sosial
D.
menandai adanya kekekalan dalam pranata sosial
11. Pranata pendidikan
dapat membentuk generasi muda patuh terhadap hukum karena ….
A.
berperan mensosialisasikan peraturan yang berlaku
B.
mampu memaksa generasi muda takut pada peraturan
C.
salah satu peran sekolah adalah melestarikan budaya daerah
D.
sekolah mampu memberikan bekal ketrampilan demi masa depan
generasi muda
12. Inti masalah dalam pranata ekonomi yang perlu diperhatikan
oleh masyarakat sampai saat ini adalah ….
A.
SDA melimpah tetapi modal terbatas
B.
diperlukan tenaga ahli untuk memproduksi barang
C.
SDA tidak terbatas tetapi kebutuhan manusia terbatas
D.
SDA terbatas tetapi kebutuhan manusia tidak terbatas
13. Pelaksanaan pemilihan umum
didahului dengan kampanye oleh sejumlah kandidat untuk dipilih menjadi wakil
rakyat di DPR maupun DPRD.
Pernyataan tersebut merupakan fungsi
pranata politik untuk ….
A. mengarahkan masyarakat
B. melindungi kepentingan warga
C. memaksa rakyat untuk memilih
D. melindungi anggota masyarakat
14. Kedua orang tua bekerja untuk
mencukupi kebutuhan hidup anggota keluarga.
Hal ini menunjukkan bahwa keluarga
memiliki fungsi ….
A. perlindungan
B. reproduksi
C. sosialisasi
D. ekonomi
15.
Keluarga memegang peran penting agar
anak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan tidak melanggar peraturan
dalam masyarakat.
Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa
keluarga harus menjalankan fungsi ….
A. penentuan status
B. sosialisasi
C. proteksi
D. afeksi
16. Tujuan utama dibentuk pranata pendidikan adalah ….
A. membentuk etika dan moral siswa
B. membentuk kepribadian siswa agar lebih menarik
C. mencukupi kebutuhan siswa akan ketenangan hidup
D. membentuk karakter siswa menjadi lebih kuat mentalnya
17. Tujuan sekolah mendorong siswa untuk aktif dalam berbagai kegiatan
ekstrakurikuler adalah ….
A. mengisi waktu luang ketika tidak ada guru yang mengajar
B. menegembalikan kesegaran badan setelah belajar seharian
C. mengembangkan dan menyalurkan bakat siswa
D. melestarikan berbagai kebudayaan daerah
18. Latar belakang adanya penolakan terhadap keberadaan suatu pranata
adalah ….
A. ajaran yang ada dalam pranata tersebut hanya menguntungkan pemerintah
B. ada tidaknya pranata tersebut memberi pengaruh terhadap masyarakat
C. masyarakat merasakan manfaatnya dalam waktu tertentu saja
D. keberadaan pranata tersebut merugikan masyarakat umum
19. Ketika seseorang melakukan
tindak kejahatan, maka polisi segera menangkap dan memproses sesuai hukum yang
berlaku.
Pernyataan tersebut menunjukkan
bahwa polisi sebagai alat kelengkapan pranata hukum memiliki fungsi ….
A. melindungi masyarakat
B. menegakkan hukum yang ada
C. mendorong perilaku taat hukum
D. memajukan kesejahteraan bersama
20. Pranata sosial yang menjalankan fungsi dan perannya dengan baik
merupakan impian setiap orang karena dapat ….
A. menambah kepercayaan diri dalam pergaulan
B. memberikan keuntungan bagi
pengusaha
C. mewujudkan adanya keteraturan sosial
D. menguatkan norma agama dan politik
21. Pengendalian sosial pada
dasarnya mempunyai tujuan untuk ….
A. membatasi perilaku anggota masyarakat
B. menciptakan masyarakat yang tidak teratur
C. menghukum setiap perilaku yang menyimpang
D.
agar terwujud
keserasian dan ketenteraman dalam mayarakat
22. Tindakan berikut ini yang menunjukkan peran
pengadilan dalam upaya pengendalian sosial adalah ….
A.
menasehati
para pelanggar hukum
B.
mengadili
pelaku penyimpangan sekunder
C.
menangkap
orang yang berperilaku menyimpang
D.
memberi
peringatan dan himbauan kepada pelaku penyimpangan
23. Lembaga sosial yang bertugas mencegah dan
mengatasi perilaku menyimpang dengan cara menangkap, memeriksa, dan menyerahkan
ke pengadilan adalah ….
A.
hakim
B.
jaksa
C.
polisi
D.
guru
24. Lembaga hukum merupakan alat pengadilan yang dianggap paling ampuh
dalam masyarakat modern.
Pernyataan ini menunjukkan bahwa
lembaga hukum memiliki ….
A. sanksi yang tegas
B. kekuatan yang besar
C. sanksi berupa denda uang
D.
alat kelengkapan berupa penjara
25. Seorang dokter yang memberikan
penyuluhan di sekolah tentang bahaya narkoba.
Pernyatan ini merupakan
salah satu upaya pengendalian sosial untuk mewujudkan ….
A.
tujuan bersama
B.
keamanan sosial
C.
kepatuhan terhadap hukum
D.
generasi penerus yang sehat
26. Pencegahan penyimpangan sosial dapat dilakukan dengan perencanaan
yang matang terlebih dahulu.
Pengendalian tersebut dilakukan
dengan cara ….
A. membatasi setiap perilaku anggota masyarakat
B. melaksanakan peraturan yang telah disepakati dalam perkumpulan
C. membuat peraturan secara tertulis dan disosialisasikan kepada
masyarakat
D. mengadakan upaya pengendalian sosial secara spontan dan dijalankan
dengan tegas
27. Upaya sosialisasi yang
dapat dilakukan oleh keluarga sebagai upaya pencegahan penyimpangan sosial
adalah ….
A. mengutamakan pemenuhan kebutuhan primer anak
B. memberi kebebasan anak dapat berekspresi secara wajar
C. meminta anak untuk selalu bersikap keras kepada siapa saja
D. mengajarkan kepada anak untuk mementingkan urusan keluarga
28. Seseorang yang terbukti
melakukan tindak kriminal dijatuhi hukuman penjara.
Hukuman tersebut merupakan upaya
pengendalian sosial secara ….
A. koersif
B. preventif
C. persuasif
D. tanpa kekerasan
29. Upaya pengendalian sosial tidak bisa hanya dilakukan oleh satu
pihak saja, hal ini disebabkan karena ….
A. pengendalian sosial merupakan tanggungjawab setiap orang
B. penyimpangan yang muncul juga dilakukan oleh banyak pihak
C. penyimpangan sosial sulit dihentikan jika hanya mengandalkan satu pihak
D. pengendalian sosial dapat lebih efektif jika ada kerjasama dari
berbagai pihak
30. Pedagang kaki lima masih saja
berdagang di trotoar, padahal sudah beberapa kali diberi peringatan oleh Satuan
Polisi Pamong Praja (Satpol PP).
Penyelesaikan masalah tersebut
sebaiknya dilakukan menggunakan pengendalian sosial yang bersifat ….
A. persuasif
B. preventif
C. koersif
D. represif
31. Bentuk pengendalian sosial
yang tepat diberikan kepada siswa di sekolah yang membuang sampah di sembarang
tempat adalah ….
A. menggosipkan
B. mencemooh
C. dihukum
D. menegur
32. Bentuk pengendalian sosial
yang dilakukan dengan cara persuasif yaitu ….
A. menakut-nakuti dan memaksa
B. menasehati dan membimbing
C. menghasut dan menghukum
D. mengancam dan menasehati
33. Budi ditangkap polisi
karena ngebut di jalan raya. Budi beralasan karena harus segera mengantar obat
kepada saudaranya yang sedang sakit. Akhirnya polisi tidak melakukan tilang
tetapi diberi peringatan dan dinasehati agar tidak mengulangi perbuatannya lagi.
Tindakan yang dilakukan polisi
tersebut bersifat ….
A. persuasif
B. preventif
C. asosiatif
D. represif
34. Tokoh masyarakat dapat
berperan dalam melakukan pengendalian sosial dengan cara ….
A. memenjarakan seseorang yang tidak disukainya
B. memberi nasehat dan anjuran kepada masyarakat
C. menangkap anggota masyarakat yang menyimpang
D. menyelidiki penyimpangan setelah diberi tahu tetangga
35. Pelaku kerusuhan akhirnya dijatuhi hukuman penjara oleh hakim setelah
melalui proses persidangan yang cukup lama.
Tindakan hukum tersebut merupakan
bentuk pengendalian sosial secara ….
A. koersif
B. represif
C. persuasif
D. partisipatif
36. Pengendalian sosial yang
bersifat persuasif adalah pengendalian sosial yang dilakukan dengan cara ….
A. tekanan fisik
B. kekerasan
C. paksaan
D. damai
37. Sebagian besar para ahli
berpendapat bahwa perselisihan yang terjadi antar dua suku di suatu daerah
hanya dapat diselesaikan secara persuasif melalui lembaga ….
A. keluara
B. politik
C. hukum
D. adat
38. Penanaman nilai persatuan, kesetiakawanan sosial, dan kemandirian
merupakan upaya untuk melakukan pengendalian sosial yang dilakukan oleh lembaga
….
A. adat
B. politik
C. pendidikan
D. keagamaan
39. Seorang ibu menegur anaknya ketika ketahuan mengambil uang di
rumah tanpa izin.
Tindakan yang dilakukan seorang
ibu tesebut memiliki tujuan agar ….
A. anaknya tidak merasa malu ketika ditegur di muka umum
B. perilaku menyimpang anaknya tidak berlanjut menjadi perbuatan kriminal
C. perilaku anak tidak dilakukan lagi di sekolah atau tempat-tempat umum
lainnya
D. anak menyadari bahwa perbuatan yang dilakukan dapat menjatuhkan
martabat orang tuanya
40. Beberapa mahasiswa mendatangi pusat
rehabilitasi narkoba. Mereka membeberkan fakta yang memuat tentang dampak
negatif penyalahgunaan narkoba.
Tujuan kegiatan yang dilakukan beberapa
mahasiswa tersebut adalah….
A. menyadarkan pelaku tentang bahaya penyalahgunaan narkoba yang dapat
mengancam hidupnya
B. mengurangi tindak kriminal yang terjadi akibat penyalahgunaan narkoba
C. memaksa pelaku penyimpangan untuk mematuhi kembali peraturan
D. mewujudkan keserasian dan keteraturan dalam masyarakat
-------- selamat mengerjakan --------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar