ULANGAN
AKHIR SEMESTER
TAHUN
PELAJARAN 2015 /
2016
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VIII / I
Hari,
Tanggal : Jumat, 11 Desember 2015
Waktu : 07.30 - 09.00 (90 Menit)
PETUNJUK UMUM
1. Perhatikan dan ikuti petunjuk dan cara mengerjakan soal.
2. Periksa dan bacalah setiap soal dengan teliti sebelum Anda menjawab.
3. Jumlah soal 55 butir, terdiri dari 50 soal Pilihan Ganda dan 5 soal Uraian.
4. Laporkan kepada Pengawas Ulangan Akhir Semester jika terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang.
5. Periksalah pekerjaan Anda sekali lagi sebelum diserahkan kepada pengawas.
6. Peserta Ulangan Akhir Semester tidak diperkenankan menggunakan kalkulator, kamus, HP, atau alat bantu yang lainnya.
7. Usahakan HANYA
SEKALI saja dalam memberikan jawaban untuk setiap soal. Oleh karena itu, pikir baik-baik sebelum Anda menentukan jawaban.
PETUNJUK
KHUSUS
I. Pilihlah jawaban yang benar dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D pada lembar jawaban Anda.
1. Berdasarkan letak astronomisnya, Indonesia berada di antara 6 º LU – 11 º LS dan di antara
95 º BT – 141 º BT, dengan wilayah Indonesia paling timur adalah ….
A. Pulau Weh di Nanggroe
Aceh Darussalam
B. Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur
C. ujung utara Pulau Sumatera
D. Kota Merauke
2. Berikut ini pengaruh letak geografis
Indonesia terhadap keadaan penduduk adalah ….
A. Indonesia banyak
dipengaruhi kebudayaan asing dalam bidang teknologi, seni, bahasa, peradaban,
dan agama
B. wilayah Indonesia menjadi labil sehingga
sering terjadi gempa bumi tektonik dan gempa bumi vulkanik
C.
memiliki curah
hujan dan kelembaban tinggi, akibatnya Indonesia memiliki hutan hujan
tropis yang luas dengan segala potensinya
D. Indonesia diberbagai tempat banyak memiliki
barang tambang seperti minyak bumi, gas alam, emas, batubara, biji besi,
timah, dan bauksit
3. Pada bulan Maret sampai Oktober di Indonesia terjadi
musim kemarau karena dipengaruhi oleh angin ….
A. pasat utara
B. muson barat
C. muson timur
D. pasat selatan
4. Jenis-jenis hewan di Indonesia seperti badak, gajah, rusa, tapir, banteng,
kerbau, kera, harimau, babi hutan termasuk fauna tipe ….
A. Australis Asiatis
B.
Afrikanis
C. Australis
D.
Asiatis
5.
Tanah yang terbentuk
karena pengendapan batuan induk, mengalami proses pelarutan air, serta sangat
subur terdapat
di sepanjang lembah dan bantaran sungai.
Tanah ini berjenis tanah ….
A. humus
B. alluvial
C. regosol
D. vulkanik
6. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Migrasi
2. Fertilitas
3. Urbanisasi
4. Mortalitas
Faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk di suatu negara
ditunjukkan pada nomor ….
A. 1,
2, dan 3
B. 1, 2,
dan 4
C. 1, 3,
dan 4
D. 2, 3,
dan 4
7. Faktor
pendorong kelahiran atau ponatalitas
di Indonesia yaitu ….
A.
muncul kesadaran
menunda usia nikah
B. pelaksanaan Keluarga
Berencana (KB) secara meluas
C.
wanita pekerja atau karier semakin bertambah banyak
D.
adanya anggapan jika banyak anak dapat
membantu pekerjaan orang tua
8. Pertumbuhan penduduk yang pesat dan tidak merata tanpa diimbangi pencapaian
kualitas SDM yang tinggi mengakibatkan munculnya berbagai permasalahan
kependudukan, kecuali ….
A.
tingkat kemiskinan yang tinggi
B. kesehatan masyarakat masih rendah
C. imigran masuk ke Indonesia tidak semuanya
berniat baik
D. pengangguran di Indonesia
semakin bertambah banyak
9. Faktor penarik dari desa terjadinya ruralisasi
adalah ….
A. adanya perasaan
keterkaitan dengan daerah asal
B. keinginan untuk
memajukan desa atau daerah asalnya
C. harga lahan di
kota semakin mahal sehingga tidak terjangkau
D. merasa tidak mampu
lagi mengikuti dinamika kehidupan di kota
10.
Dampak negatif atau kerugian transmigrasi di Indonesia
adalah ….
A. meratakan kepadatan penduduk tiap daerah
B. meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraan masyarakat
C. berkurangnya
areal hutan untuk lahan permukiman dan pertanian
D. memperkuat
persatuan dan kesatuan bangsa melalui pembauran antarsuku bangsa
11.
Lingkungan hidup berupa tanah, atmosfer, air, cuaca, angin, sinar matahari,
dan berbagai bentuk bentang lahan dikelompokkan dalam unsur ….
A. biotik
B. abiotik
C. geografis
D. sosial budaya
12.
Perhatikan
pernyataan berikut ini!
1.
penghasil bahan
baku atau bahan mentah industri
2.
media penghasil
bahan kebutuhan pokok berupa sandang,
pangan, dan papan
3.
wahana bersosialisasi
dan berinteraksi manusia dengan makhluk hidup lainnya
4.
sumber barang
tambang dan bahan mineral untuk merusak kelangsungan hidup manusia
Arti penting atau manfaat lingkungan hidup bagi manusia
ditunjukkan pada nomor ....
A.
1,
2, dan 3
B.
1, 2,
dan 4
C.
1, 3,
dan 4
D.
2, 3,
dan 4
13.
Sungai dan sumber air mengering, munculnya titik-titik api yang
dapat menyebabkan kebakaran hutan, dan kegagalan panen adalah akibat dari ....
A. kemarau panjang
B. gunung meletus
C. tanah longsor
D.
gempa bumi
14.
Upaya pemerintah melakukan pelestarian lingkungan hidup yaitu ….
A.
membuang
sampah pada tempatnya
B. memanfaatkan
barang-barang hasil daur ulang
C. menghemat penggunaan listrik, air, dan bahan bakar minyak
D. menciptakan dan
menggunakan barang-barang hasil industri yang ramah lingkungan
15. Berikut
ini ciri-ciri
Pembangunan Berkelanjutan atau berwawasan lingkungan, kecuali ....
A. memperhatikan daya dukung lingkungan
sehingga dapat terjadi
kesinambungan pembangunan
B. tidak terdapat koordinasi dan keterpaduan dalam
penataan dan pemanfaatan SDA dengan SDM
C. meningkatkan peran serta masyarakat dalam
melestarikan lingkungan dan pengawasan pembangunan
D. pembangunan diharapkan memperoleh hasil
yang maksimal dan berkesinambungan dalam usaha peningkatan kesejahteraan rakyat
16. Faktor yang mempengaruhi kualitas penduduk di
Indonesia adalah tingkat ….
A. kesehatan, kesejahteraan, dan persebaran penduduk
B. persebaran,
kesehatan, dan pertumbuhan penduduk
C. kesehatan,
pendidikan penduduk, dan kesejahteraan
D. pertumbuhan,
pengangguran, dan kesejahteraan penduduk
17.
Dampak atau akibat tingkat
pendidikan yang rendah terhadap pembangunan adalah ….
A. penguasaan
teknologi maju menjadi rendah
B. kurangnya air bersih kebutuhan sehari-hari
C. pembangunan
fisik menjadi terhambat
D. lingkungan
menjadi tidak sehat
18.
Dampak kualitas kesehatan rendah terhadap pembangunan adalah ….
A. lingkungan
menjadi tidak sehat
B.
rendahnya penguasaan teknologi
maju
C.
kurangnya pengetahuan tentang
kesehatan
D.
dalam melakukan kegiatan bekerja
hasilnya tidak maksimal
19.
Kebijakan
pemerintah Kolonial Hindia Belanda di Indonesia pada tahun 1870 - 1900 adalah
menerapkan ….
A. Tanam Paksa
B. Agrarische Wet
C. Politik Pintu Terbuka
D. Cultuur Procenten
20.
Pengaruh kebijakan pemerintah kolonial Belanda di
Indonesia pada
bidang politik
adalah
....
A. tingkat kesejahteraan dan pertumbuhan
penduduk Pulau Jawa menjadi turun
B. para penguasa pribumi hanya menjadi alat
dan pegawai pemerintah Belanda
C. pendidikan berkembang, karena muncul
kebutuhan pegawai administrasi Belanda dan para tuan tanah partikelir
D. tradisi di lingkungan keraton semakin
luntur karena cara pergaulan, gaya hidup, bahasa, cara
berpakaian dan pendidikan barat masuk istana kerajaan
21.
Sebab terjadinya perlawanan Rakyat Bali terhadap Belanda tahun 1846 - 1849
adalah ….
A. campur tangan Belanda dalam kraton di
Kerajaan Bali
B. Belanda ingin menghapuskan hak
“Tawan Karang”
C. Belanda memaksakan
monopoli perdagangan di Kerajaan Bali
D. Pemerintah
Kolonial Belanda mengumumkan Kerajaan di Bali akan dihapuskan
22.
Kerajaan Banten mengadakan perlawanan terhadap VOC pada tahun 1651 dipimpin oleh Sultan Ageng Tirtayasa karena ....
A. pedagang lain dilarang berdagang di Banten kecuali VOC
B.
Kepulauan Maluku
tertutup bagi pedagang Banten
C.
VOC
menghalang-halangi perdagangan di Banten
D.
Banten harus
mengakui kekuasaan VOC
23. Faktor yang menyebabkan Kerajaan Makassar melawan VOC dipimpin Sultan Hasanuddin pada tahun
1633, 1654, dan 1667 adalah ....
A.
Sultan Hasanuddin menolak monopoli
perdagangan VOC
B.
Makassar harus membayar biaya perang VOC
C.
Makassar harus melepaskan Bugis dan Bone
D.
Aru Palaka dijadikan Raja Bone
24. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1.
Belanda membantu
Kaum Adat.
2.
Pertentangan antara Kaum Padri dan Kaum Adat.
3.
Belanda berusaha
menguasai seluruh wilayah Sumatra Barat.
4.
Memperbaiki masyarakat Minangkabau dan
mengembalikan sesuai ajaran Islam.
Sebab umum Perang Padri di Sumatera Barat ditunjukkan pada nomor ....
A.
1, 2, dan 3
B.
1, 2, dan
4
C.
1, 3, dan
4
D.
2, 3, dan
4
25. Kegiatan Belanda dalam menyebarkan agama
Kristen Protestan di Indonesia dilakukan oleh organisasi bernama ....
A. Missi
B. Calvinis
C. Zending
D. Genootschap
26. Pengaruh
pendidikan Barat terhadap bangsa Indonesia ialah ....
A. melahirkan tokoh
politik
B. memunculkan ahli
ekonomi
C. melahirkan
golongan terpelajar
D. munculnya golongan
anti Belanda
27.
Golangan terpelajar berperan dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional
Indonesia sehingga mendorong munculnya pergerakan nasional karena ….
A. untuk memperbaiki status pekerjaan dan
kesejahteraan
B. mempunyai
pandangan yang luas tentang nasionalisme Indonesia
C. membutuhkan tempat menyalurkan ide dan
aspirasi secara terbuka
D. ingin mengikuti cara kerja pola
organisasi-organisasi pekerja bangsa Eropa
28. Faktor pendorong dari luar negeri munculnya
Pergerakan nasional di Indonesia adalah ….
A.
penderitaan terus-menerus akibat penjajahan menimbulkan
keinginan berjuang melawan penjajah
B.
kenangan kejayaan masa lampau bangsa Indonesia pada
jaman kerajaan Sriwijaya dan
kerajaan Majapahit
C.
timbul golongan cendekiawan (kaum terpelajar) yang
mempelopori dan mengendalikan
pergerakan nasional
D. kemenangan Jepang terhadap Rusia,
dalam perang Jepang melawan Rusia (1904 - 1905) dapat membangkitkan semangat
bangsa-bangsa Asia
29.
Organisasi yang pertama kali berdiri
bergerak dalam bidang politik dengan haluan asosiasi dan kooperatif, serta
bersifat progresif karena ingin merdeka dan mempunyai program nasionalisme
Indonesia adalah ….
A.
Serikat Islam
B.
Indische Partij
C.
Partai Nasional Indonesia
D.
Partai Komunis Indonesia
30.
Berikut ini peranan
organisasi wanita pada masa pergerakan nasional di Indonesia, kecuali ….
A. memajukan
kepanduan untuk kaum wanita
B. memperluas dan memperkuat perasaan
kebangsaan
C. mendirikan bank nasional dan koperasi untuk mencegah riba
D. berpartisipasi dalam perjuangan mencapai Indonesia merdeka
31. Berdasarkan
intensitasnya, jika seorang siswa selalu tidak memakai seragam sekolah secara
lengkap saat upacara, selalu malas mengerjakan tugas, dan tidak mematuhi tata
tertib sekolah termasuk penyimpangan ….
A. individu
B. sekunder
C. negatif
D. primer
32.
Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Penyalahgunaan
narkotika.
2. Perilaku
seks di luar nikah.
3. Kejahatan
atau kriminalitas.
4. Pertandingan
tinju antarpelajar.
Bentuk penyimpangan sosial yang
dapat menimbulkan berbagai penyakit sosial dalam masyarakat ditunjukkan pada
nomor ….
A.
1, 2,
dan 3
B.
1, 2,
dan 4
C.
1, 3,
dan 4
D.
2, 3,
dan 4
33. Perkelahian antarpelajar termasuk
bentuk perilaku penyimpangan sosial, karena tindakan tersebut ....
A. menjengkelkan orang tua
B. merupakan hiburan gratis
C. merepotkan petugas keamanan
D. bertentangan dengan norma masyarakat
34. Penyalahgunaan narkoba dapat memberikan dampak
negatif pada individu, kecuali ....
A.
kerusakan organ tubuh dan fungsi syaraf
B.
melakukan tindakan kriminal
C.
kurangnya gairah hidup
D. berpikir rasional
35.
Faktor internal yang menyebabkan terjadinya penyimpangan sosial yaitu ….
A.
sikap mental yang tidak sehat
B.
proses belajar yang menyimpang
C.
ketidaksanggupan menyerap norma
budaya
D.
pengaruh media massa atau kemajuan
teknologi
36.
Upaya pengendalian sosial yang dilakukan dengan mengancam atau menakut-nakuti agar
pelaku penyimpangan menjadi takut dan akhirnya mematuhi aturan yang ada disebut
….
A. gosip
B. otrasisme
C. intimidasi
D. pengucilan
37. Berdasarkan kepentingannya, sandang, pangan,
papan, dan pendidikan dikelompokkan dalam kebutuhan ….
A. tersier
B. primer
C. sekunder
D. sekarang
38. Berikut ini faktor yang menyebabkan
kebutuhan manusia tidak terbatas atau beraneka ragam, kecuali ….
A. kemajuan IPTEK
B. keadaan alam
C. kadaan rumah
D. adat istiadat
39. Urutan kebutuhan yang disusun berdasarkan
tingkat kepentingan kebutuhan dinamakan ….
A. skala prioritas kebutuhan
B. tingkat
kebutuhan hidup
C. pertimbangan kebutuhan
D. tingkat urgensi kebutuhan
40. Berikut ini merupakan contoh benda subtitusi yaitu ….
A. kopi dengan gula
B.
nasi
dengan lauk-pauk
C.
buku tulis dengan pena
D.
beras dengan jagung
41.
Berikut ini peranan rumah tangga
keluarga sebagai pelaku ekonomi, kecuali ….
A. produsen
B. kontraktor
C. distributor
D. konsumen
42. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Membuka
lapangan pekerjaan.
2.
Mencari keuntungan secara
maksimal.
3.
Mengembangkan modal dan
memperluas usaha.
4.
Memberikan pelayanan umum kepada
masyarakat.
Tujuan
Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) ditunjukkan pada nomor ….
A.
1, 2,
dan 3
B.
1, 2,
dan 4
C.
1, 3,
dan 4
D.
2, 3,
dan 4
43. Contoh kegiatan konsumsi yang dilakukan
negara atau pemerintah adalah ….
A.
membangun pembangkit tenaga listrik
B.
membangun sarana transportasi darat, laut, dan
udara
C.
menyalurkan energi listrik kepada masyarakat
melalui PLN
D. memanfaatkan energi listrik untuk penerangan
dan menjalankan komputer
44. Landasan idiil koperasi di Indonesia adalah
….
A. Pancasila
B. UUD 1945
C. Kesetiakawanan
D. Kesadaran pribadi
45. Perhatikan pernyataan
berikut ini!
1. Memberikan kemudahan dan pelayanan yang baik kepada para
anggotanya.
2. Sarana pengembangan potensi dan kemampuan meningkatkan
kesejahteraan anggota.
3. Meningkatkan kualitas kehidupan anggotanya dan memperkokoh
perekonomian rakyat.
4. Melakukan hubungan ekonomi dengan negara lain dalam perdagangan
dan permodalan.
Manfaat koperasi yang dirasakan para
anggotanya ditunjukkan pada nomor ….
A. 1, 2,
dan 3
B. 1, 2,
dan 4
C. 1, 3,
dan 4
D. 2, 3,
dan 4
46. Kegiatan
memperlancar hasil produksi berupa barang atau jasa dari produsen kepada
konsumen merupakan fungsi pasar sebagai tempat ….
A. promosi
B. distribusi
C. pembentuk harga
D. penyerapan tenaga kerja
47. Berikut ini syarat terjadinya pasar, kecuali ….
A.
terdapat penjual dan pembeli
B.
tersedia barang atau jasa yang
diperjualbelikan
C.
tidak ada tempat interaksi penjual dan pembeli
D.
terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli
48. Pasar-pasar tradisional menjual
kebutuhan pokok sehari-hari seperti Pasar Induk di Jakarta, Pasar Projo di
Ambarawa, dan Pasar Bandarjo di Ungaran.
Berdasarkan waktu penyelenggaraannya pasar-pasar
tersebut dikelompokkan dalam bentuk pasar ….
A. mingguan
B. temporer
C. bulanan
D. harian
49.
Pasar buah, pasar ikan, dan pasar pakaian, berdasarkan jenis barang yang
diperjualbelikan dikelompokkan dalam jenis pasar barang ….
A.
distribusi
B.
konsumsi
C.
harian
D.
lokal
50. Berikut ini yang menunjukkan ciri-ciri pasar konkrit
yaitu ….
A. penjual dan pembeli
berada di tempat yang berbeda dan berjauhan jaraknya
B. barang yang
diperjualbelikan tidak tersedia dan hanya contoh saja
C. transaksi dilakukan secara
tunai dan langsung
D. transaksi dilandasi oleh
rasa saling percaya
II.
Jawablah pertanyaan berikut
ini secara singkat dan tepat!
1.
Sebutkanlah 3 dampak
negatif atau kerugian urbanisasi bagi kota!
2.
Sebutkanlah 3
upaya atau cara mandiri masyarakat melakukan pelestarian lingkungan hidup?
3.
Sebutkanlah 4 hasil
keputusannya Konggres Pemuda II (27 - 28 Oktober 1928) di Batavia (sekarang
Jakarta)!
4. a. Jelaskanlah 2 macam kebutuhan manusia menurut sifatnya!
b. Berikanlah
masing-masing 2 contoh kebutuhan manusia menurut sifatnya!
5.
Sebutkanlah 3 bentuk pasar abstrak!
---------- selamat mengerjakan ----------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar